Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Cincau Untuk Kesehatan Selain Segar Diminum Ternyata Ampuh Obati Panas dan Kanker

Manfaat cincau bagi kesehatan

ObatTradisional.Net-- Manfaat Cincau Untuk Kesehatan Selain Segar Diminum Ternyata Ampuh Obati Panas dan Kanker. Cincau adalah salah satu jenis bahan campuran minuman es dingin seperti, sirop dan es buah serta cendol yang biasa kita minum dan mampu menyegarkan.

Bukan rahasia lagi, banyak diantara kita yang sering sekali membeli dan mengkonsumsi minuman dingin yang mengandung cincau karena rasanya yang enak dan dapat menyegarkan tenggorokan kita, terlebih saat musim panas.

Namun, ternyata cincau tidak hanya bermanfaat untuk menyegarkan dan melepas dahaga saja. Lebih dari itu ternyata cincau memiliki banyak manfaat kesehatan yang harus kita ketahui.

Kandungan Gizi Cincau

Cincau memiliki dua jenis bentuk yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Dari beberapa informasi yang ada keduanya memiliki peran yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang ada didalamnya sudah tidak diragukan lagi.

Beberapa kandungan gizi yang ada pada cincau memang sangat luar biasa, cincau hijau misalnya. Ternyata dalam 100 lembar daun cincau yang digunakan sebagai bahan untuk membuat cincau sendiri terdapat banyak kandungan gizi yang baik diantaranya:

Kalori 122 kal
Protein 6 gram
Lemak 1 gram
Hidrat arang 26 gram
Kalsium 100 miligram
Fosfot 100 miligram
Vitamin A 107,5 SI
Vitamin B1 80 miligram
Vitamin C 17 miligram
Bahan yang dapat dicerna 40 persen

Kalori yang di hasilkan oleh cincau sendiri berkisar 122 kal tang artinya kalori tersebut lebih rendah dari pada kalori yang dihasilkan oleh gula pasir, gula aren, dan juga gula kelapa.

Namun untuk kalori yang dihasilkan cincau memang sedikit lebih tinggi dari kalori yang di hasilkan oleh sebagian buah-buahan dan sayuran yang ada.

Untuk protein sendiri cincau memiliki 6 gram protein yang masih tergolong rendah. Namun, masih banyak sayuran dan buah-buahan yang memiliki protein yang lebih rendah lagi dibandingkan dengan yang dimiliki oleh cincau.

Sedangkan lemak yang dihasilkan dari daun cincau terbilang rendah. Namun, tetap termasuk kedalam kategori tinggi di bandingkan dengan lemak yang dihasilkan oleh buah-buahan.

Yang menjadi kelemahan untuk cincau sendiri yaitu, terdapat pada kandungan hidrat arang, fosfot, kalsium, dan besi yang terbilang sangat rendah sekali yang dimiliki oleh cincau.

Untuk kandungan vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C jumlahnya memang tidak begitu banyak. Akan tetapi kandungan air yang dihasilkan cincau bisa mencapai 66 persen yang dihasilkan dari bobot daun cincau sebanyak 66 gram.

Cincau sendiri memiliki banyak jenis mulai dari cincau hijau, cincau hitam, cincau minyak, dan cincau perdu. Walaupun memiliki jenis yang berbeda-beda, kandungan cincau tetap sama.

Kandungan gizi yang dihasilkan oleh cincau semua tergantung terhadap bahan tanaman tersebut. Karena bahan tanaman bisa menjadi faktor utama besaran gizi yang akhirnya dihasilkan oleh cincau itu sendiri, seperti:

Jenis tanaman
Umur bagian tanaman
Perawatan budi daya
Kesehatan tanaman

Hal tersebut yang akhirnya menjadikan faktor kandungan gizi yang berbeda-beda yang dihasilkan oleh cincau itu sendiri. Walaupun secara umum pemanfaatan cincau tetap sama yaitu, sebagai bahan baku campuran minuman yang menyegarkan.

Manfaat Kesehatan Cincau

Manfaat kesehatan dalam suatu bahan baku makanan bisa kita lihat dari kandungan gizi yang dimilikinya.

Berikut ini manfaat yang dimiliki oleh cincau:

1. Mencegah Kanker Kulit

Melasir dari buku The Healing Power Of Antioxidants (2015) oleh Lenny Lingga, Ph.D, tidak banyak diantara kita yang memahami bahwa cincau memiliki manfaat sebagai antioksidan.

Kandungan vitamin E yang dimiliki cincau sangatlah tinggi. Sedangkan vitamin E sangat berguna sekali bagi tubuh dengan kandungan antioksidannya.

Peningkatan kandungan vitamin E yang dimiliki oleh cincau dikarenakan adanya zat nirgizi pada cincau yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan.

Untuk cincau hitan khususnya, memiliki kandungan antioksidan karena kandungan senyawa fenol yang dimiliki diantaranya:

Caffeic acid
Vanelic acid
Syrinic acid
Protocatecuic acid
P-hydroxybenxoic acid

Fenol-fenol yang ada dalam cincau tersebut sangat berguna untuk mereduksi hidroksil yang terjadi akibat redaksi surya.

Redaksi surya sendiri adalah radikal bebas yang sangat membahayakan kesehatan sel-sel yang ada pada diri kita.

Salah satu sel yang sangat peka terhadap radiasi bebas sinar biru surya adalah sel mata. Paparan sinar biru yang dibawa oleh sinar matahari dapat berdampak kerusakan terhadap mata kita.

Selain itu, sinar ultraviolet (UV) A dan UV-B yang terpancar dapat menyebabkan degenerasi kulit yang dapat memicu timbulnya melanoma pada bagian kulit.

Jika radikal bebas terus menerus memapar tubuh kita, maka seluruh sel tubuh kita akan menjadi renan. Radikal bebas dapat mempengaruhi kestabilan DNA yang dapat menimbulkan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan kita.

Kanker kulit sendiri merupakan hal yang buruk yang dipicu oleh adanya radikal bebas ultraviolet yang memapar tubuh kita.

Selain itu paparan sinar ultraviolet yang berlebihan juga dapat menimbulkan kerentanan DNA yang akan memicu munculnya penyakit kanker lainnya.

2. Mencegah Kanker Usus

Cincau merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung serat alami yang sangat mudah sekali dicerna oleh tubuh manusia. Dilasir dari buku Cincau: Cara Pembuatan & Variasi Pengolahannya (2005) oleh Septijo Pitojo dan Zumiati.

Kita harus menyadari bahwa, serat alami yang dimiliki oleh makanan yang biasa kita konsumsi sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita. Serat alami sendiri sangat berperan penting bagi kesehatan pencernaan tubuh.

Selai itu, serat alami merupakan salah satu faktor penting sebagai pencegahan terjadinya penyakit kanker usus pada lambung.

3. Mengobati Panas Dalam

Kandungan gelatin yang dimiliki cincau diyakini sangatlah bermanfaat untuk mengobati penyakit panas dalam dan sakit perut. Manfaat glatin tersebut dihasilkan karena adanya kandungan gizi yang dimilikinya.

4. Penurun Tekanan Darah Tinggi

Secara mendalam, cincau hitam khususnya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Seperti dikutip dari buku Cincau Hitam: Mengolah Simplisia Tanaman Cincau Hitam Menjadi Pangan Fungsional yang Higienis, Praktis, dan Menarik (2007) oleh Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes, yang mengatakan bahwa sudah sejak dahulu gel cincau memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Contohnya:

Penurunan panas dalam
Demam
Sakit perut
Diare
Batuk
Sariawan
Mencegah ganguan pencernaan
Penurunan tekanan darah tinggi

Negara China dan Taiwan sendiri telah menggunakan cincau hitam atau yang mereka kenal dengan sebutan hsian tsao sebagai obat penurunan tekanan darah tinggi.

Dengan perkembangan yang ada penelitian terhadap cincau hitam pun semakin dikembangkan. Dan hasilnya menemukan beberapa kompoten aktif cincau yang memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan.

Diantara hasil penelitian tersebut, cincau termasuk golongan polifenol, saponin, flavonoid, dan alkonoid lainnya. Sehingga cincau sangat bermanfaat untuk penurunan darah tinggi dan penyakit lainnya.

Manfaat tersebut tidak hanya dimiliki oleh cincau hitam saja. Cincau hijau juga memiliki kandungan manfaat yang hampir sama dengan yang dimiliki oleh cincau hitam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Memerangi Penyakit Jantung

Selain itu, cincau memiliki 5,23 gram dari 100 gram kandungan serat kasar yang ada pada gel atau gelatin cincau itu sendiri. Kandungan tersebut sangat berguna untuk memerangi jenis penyakit degeneratif, seperti halnya penyakit jantung koroner.

Nah, itu tadi sederet Manfaat Cincau Untuk Kesehatan Selain Segar Diminum Ternyata Ampuh Obati Panas dan Kanker. Selain menyegarkan ternyata cincau kaya akan manfaat kesehatan yang sangat berguna bagi tubuh kita. Tunggu apa lagi ayo di coba.