Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pisang dan Jus Pisang Bagi Tubuh, Untuk Jantung dan Ginjal Sehat Serta Terhindar Dari Stroke

Manfaat pisang untuk kesehatan

ObatTradisional.Net--  Manfaat Pisang dan Jus Pisang Bagi Tubuh, Untuk Jantung dan Ginjal Sehat Serta Terhindar Dari Stroke. Buah-buahan merupakan salah satu makanan favorit yang biasa dikonsumsi oleh setiap orang karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan karena sangat bermanfaat guna menjaga keseimbangan gizi bagi tubuh kita. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat kita mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah pisang.

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang paling digemari oleh banyak orang. Selain aromanya yang menggiurkan, pisang sering sekali dikonsumsi baik secara langsung atau tidak langsung yang diolah menjadi pisang goreng, kolak pisang, dan olahan makanan dengan bahan baku pisang yang lainnya.

Pisang juga bisa diolah menjadi sebuah minuman jus yang sangat menyegarkan.Buah pisang yang diolah menjadi jus maka akan semakin menjadikan nutrisi dari buah pisang menjadi alami dan sangat memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Nutrisi yang terkandung didalam buah pisang adalah karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalsium), serta kandungan magnesium.

Dengan banyaknya nutrisi yang dimiliki buah pisang tentu akan sangat banyak sekali memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh untuk seseorang yang secara rutin mengkonsumsi buah tersebut. Berikut ini manfaat pisang dan jus pisang bagi tubuh:

Jantung Sehat dan Terhindar dari Kanker

Jantung yang sehat

Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Pisang sendiri memiliki kandungan potasium, yaitu kandungan elektrolit mineral yang sangat berguna untuk menjaga kestabilan detak jantung. Kandungan potasium dan sodium yang sangat tinggi yang dimiliki oleh buah pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kinerja jantung kita dan mencegah dari penyakit kardiovaskular.

Terhindar dari Penyakit Kanker

Sebuah studi di Swiss pada tahun 2005 lalu pernah menemukan bahwa seorang wanita yang rutin mengkonsumsi 75 persen buah-buahan dan sayur dapatmengurangi resiko terkena penyakit kanker ginjal hingga 40 persen. Salah satu buah-buahan yang paling efektif adalah buah pisang. Artinya dengan mengkonsumsi pisang secara rutin maka dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker ginjal.

Karena tingginya kandungan zat senyawa fenolik antioksidan dan kalium yang dimiliki buah pisang maka akan membantu menstabilkan kinerja ginjal dan selalu menyehatkan ginjal kita.

Oleh karena itu mengkonsumsi pisang secara rutin dianggap tepat untuk mencegah terjadinya kanker ginjal. Berdasarkan hasil penelitian lainnya, seseorang yang mengkonsumsi 6 sampai 4 buah pisang dalam satu minggu maka dapat mengurangi setengah resiko terkena kanker ginjal.

Cara mengkonsumsi buah pisang bisa secara langsung dimakan atau dijadikan minuman jus agar lebih nikmat dan segar ketika mengkonsumsinya.

Mengurangi Resiko Stroke dan Diabetes

Menurunkan resiko stroke

Mengkonsumsi pisang secara rutin baik secara langsung maupun dijadikan minuman jus ternyata dapat menurunkan resok stroke. Kandungan kalium yang dimiliki buah pisang sangat bermanfaat untuk menurunkan efek buruk agar yang menjadi salah satu penyebab terjadinya stroke. Terutama untuk seseorang wanita yang sudah memiliki usia lanjut atau menopause.

Dari hasil sebuah penelitian, seorang wanita lanjut usia atau menopause yang banyak mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung kalsium lebih rendah mengalami stroke daripada yang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium secara rutin.

Mencegah terkena diabetes

Dari hasil analisa yang dilakukan oleh Sleep Medicine Reviews, ketika seseorang mengalami kurang tidur maka akan rentan terkena diabetes gestasional. Sedangkan buah pisang sangat berperan untuk mengatasi penyakit tersebut. Kandungan magnesium dan tryptophan yang dimilikinya dapat memudahkan diri kita untuk beristirahat terutama tidur di malam hari, sehingga kita akan terhindar dari penyakit tersebut.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Resiko Maag

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang dimiliki buah pisang sangat berperan penting untuk mengatur kestabilan tekanan darah agar tubuh kita tetap sehat. Kalium sendiri berfungsi untuk meredakan ketegangan yang terjadi di bagian arteri dan vena, sehingga darah akan lancar mengalir ke seluruh tubuh kita dengan stabil. Selain itu kalium akan mengalirkan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh agar fungsi yang ada semakin meningkat dengan baik.

Dengan mengkonsumsi pisang atau meminum jus pisang secara ruti maka akan membantu mengurangi resiko terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit sejenis lainnya. Serat yang dimiliki buah pisang juga sangat bermanfaat untuk mengurangi kelebihan kolesterol dalam tubuh dari arteri dan pembuluh darah yang dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Mengurangi Resiko Maag

Bagi penderita maag bisa menggunakan pisang untuk cemilan sehari-hari dan juga minuman jus sehari-hari. Pisang merupakan buah yang memiliki antasida alami yang bermanfaat untuk mengatasi asam lambung. Buah pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang dapat membantu mencegah penyakit lambung dan membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit pada lambung kita.

Meningkatkan Mood dan Menurunkan Berat Badan

Baik untuk memori otak dan meningkatkan mood

Dalam sebuah hasi penelitian, kandungan asam animo triptofan dan antioksidan dalam pisang seperti dopamin sangat berperan penting untuk menjaga suasana hati dan miningkatkan daya ingat pada otak.

Selain itu, kandungan maghnesium buah pisang sangat berguna untuk mengendurkan otot serta kandungan vitamin B6 dapat membantu kita untuk tidur dengan nyenyak. Istirahat atau tidur yang cukup sangat membantu dan membangun mood kita dengan baik untuk ber aktivitas keesokan harinya.

Pencernaan sehat dan menurunkan berat badan

Kandungan kaya serat yang dimiliki pisang sangat membantu untuk memperlancar buang air besar (BAB). Dalam satu buah pisang mengandung kandungan serat berkisar 10 persen untuk kebutuhan keseharian tubuh kita. Selanjutnya, vitamin B6 dalam buah pisang sangan berguna untuk menurunkan berat badan.

Secara umum, pisang merupakan buah-buahan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan memakan pisang atau membuat jus pisang, dapat berguna sebagai menunda rasa lapar. Sehingga kesehatan usus kita akan terkontrol dan juga gula darah yang ada didalam tubuh kita.

Mencegah Penuaan Dini dan Memperkuat Tulang

Mengatasi penuaan dini

Kandungan tinggi vitamin C dan vitamin B6 yang dimiliki pisang sangat berguna sebagai perawatan wajah kita. Memakan pisang secara rutin dan membuatnya menjadi minuman jus secara rutin akan sangat manfaat untuk kesehatan kulit wajah, diantaranya untuk mengatasi penuaan dini, flek hitam, keriput, dan kulit wajah menjadi kendur.

Memperkuat tulang

Dala sebuah artikel Journal of Physiology and Biochemistry, kandungan karbohidrat non-digestif penggerak priobiotok pada pisang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Apabila kita memakan dan meminum jus pisang secara ruti maka akan membuat tulang lebih kuat.

Pisang juga dapat membantu penyerapan kalsium dengan baik. Kalsium merupakan hal yang sangat terpenting untuk pertumbuhan kembali materi tulang didalam tubuh.

Meredakan Nyeri Haid dan Mencerahkan Wajah

Meredakan masalah menstruasi

Buah pisang memiliki jantung sebagai bagian dari buah pisang itu sendiri. Jantung pisang sangat berguna sebagai obat tradisional untuk meringankan gejala-gejala yang ditimbulkan akibat menstruasi. Jantung pisang yang kita masak dapat meredekan rasa nyeri akibat menstruasi serta pendarahan yang berlebihan yang terjadi ketika sirkulasi menstruasi serta gejala-gejala yang ditimbulkan akibat dari haid.

Mencerahkan kulit wajah

Selain masalah penuaan dini, makan dan minum jus pisang secara rutin sangat berguna mencerahkan wajah. Penggunaanya cukup dicampurkan dengan bahan alami lainnya yang dapat menutrisi wajah agar wajah menjadi cerah. Cukup gunakan pisang sebagai masker wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami lainnya.

Untuk wajah kita yang berminyak, cukup campurkan satu pisang sang sudah di haluskan dengan perasan air lemon dan madu secukupnya saja. Untuk wajah yang kering capurkan satu buah pisang yang telah di lumatkan secara halus dengan alpukat dan minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut secara merata ke wajah kita lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih dan rasakan wajah kita semakin cerah.

Menambah Stamina dan Menyehatkan Mata

Meningkatkan stamina

Kandungan glukosa, frutkosa, sukrosa dan maltosa pada pisang sangat berguna untuk meningkatkan stamina. Karena kandungan itu banyak sekali diantara kita khususnya para atlit olahraga yang sering memakan pisang dan minum jus pisang adalah kehidupan keseharian nya.

Dalam sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwasanya, pisang dapat dijadikan makanan atau minuman yang utama dikonsumsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Kandungan-kandungan yang dimiliki oleh pisang sangat membantu mengembalikan dan meningkatkan stamina kita.

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan antioksidan dan karotenoid serta mineral sehat pada buah pisang sangat bagus untuk kesehatan mata. Masalah-masalah yang sering terjadi pada mata seperti degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukomatelah akan sedikit berkurang dan sembuh dengan rutin mengkonsumsi pisang.

Itulah tadi sederat Manfaat Pisang dan Jus Pisang Bagi Tubuh, Untuk Jantung dan Ginjal Sehat Serta Terhindar Dari Stroke. Dengan rutin mengkonsumsinya kita akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan yang tidak ternilai harganya.