Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kebugaran

Manfaat dan khasiat temu lawak

ObatTradisional.Net-- Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kebugaran memang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Oleh karena itu tidak heran jika di kalangan kita banyak sekali yang sudah menggunakan dan mengambil manfaat temulawak sebagai obat tradisional.
Salah satu mantan dari pengurus Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dr. Roy Sparringa pernah mengatakan bahwasannya, temulawak sudah hapus dipakai di dalam 900 obat tradisional yang sudah terdaftar di BPOM. Hal tersebut yang menjadikan temulawak menjadi salah satu tanaman obat tradisional unggulan yang berasal dari Indonesia.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan ? Berikut ini akan kami rangkum beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang berasal dari beberapa sumber yang ada.

1.Penambah Nafsu Makan

Salah satu dari sekian banyak temulawak yang paling terkenal adalah sebagai penambah nafsu makan. Sehingga banyak sekali di kalangan kita terutama orang tua memanfaatkan temulawak sebagai penambah nafsu makan anak-anaknya agar mau makan dengan lahap tanpa memilih - milih menu makanannya.

Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewojo, spPD, menyatakan kandungan atsiri yang dimiliki temulawak adalah kandungan yang berguna sebagai penambah nafsu makan.

2. Turunkan Kolesterol Jahat

dr. Arijanto juga menjelaskan bahwa temulawak juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL) dengan kandungan kurkuma yang dimilikinya. Seseorang dapat menggunakan temulawak untuk turunkan kolesterol jahat dengan cara tradisional yaitu dengan meminum air rebusan dari temulawak.

Menurut dr. Arijanto cara yang paling baik merebus temulawak adalah dengan menggunakan panci yang terbuat dari tanah liat, dan ketika merebus nya tidak ditutup.

Menurut dr. Arijanto untuk menurunkan LDL, panci sebaiknya di buka ketika merebus temulawak, katena temulawak mengandung minyak atsiri dan kurkuma. Keduanya memiliki fungasi yang berbeda untuk atsiri berfungsi sebagai penambah nafsu makan sedangkan kurkuma untuk menurunkan kolesterol jahat.

3. Lindungi Hati

Sudah kita ketahui bersama temulawak merupakan salah satu obat tradisional herbal yang baik untuk dikonsumsi oleh pasien yang memiliki masalah kolesterol dengan jangka yang panjang. Alasannya sesuai yang di sampaikan dr. Arijanto bahwa temu lawak memiliki fungsi sebagai hepatoprotektor yang berguna sebagai melindungi hati akibat dari efek samping mengkonsumsi obat yang bisa menyebabkan liver.

"Sehingga hati bisa terlindungi dari efek samping simvastatin yang dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Yang mana hal itu berguna sebagai salah satu gabungan terapi yang sangat bermanfaat," kata dr. Arijanto.

4. Atasi Mag

Salah seorang pakat temulawak berasal dari Universitas Gajah Mada, Profesor Nyoman Kertia, MD, PhD. Menyatakan bahwasanya, atsiri dan kurkuma yang di miliki oleh temu lawak sangat berguna untuk atasi mag. Yang lebih utama lagi ternyata mengkonsumsi temulawak dengan jangka panjang relatif aman dari pada mengkonsumsi obat-obatan kimia.

"Ada sebuah hasil riset tahun 1995 yang telah membuktikan bahwasanya kurkuminoid dan obat-obatan kimia sama-sama mampu untuk mengobati. Namun pada beberapa kasus terdapat efek samping yang terjadi bagi pasien yang mengkonsumsi obat kimia seperti pusing, mual, hingga diare. Kalau kurkuma memang tidak secepat obat kimia, akan tetapi lama kelamaan akan beransur sembuh dan tidak meninggalkan efek samping," papar Prof. Kertia.

5. Menjaga Kebugaran

Mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Moeloek mengaku sering sekali mengkonsumsi temulawak untuk menjaga kebugaran tubuh dalam menjalankan aktivitas keseharian yang sangat padat. Kebiasaan mengkonsumsi temulawak untuk kesehatan dan kebugaran tubuh menurut mantan Menteri Kesehatan sudah dilakukan sejak lama dan hal tersebut ia terapkan kepada seluruh jajaran Kementerian Kesehatan selama dirinya menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

"Saya minum jamu juga kok. Jamu temulawak yang dikemas dalam bentuk kapsul, dua kapsul perhari setiap pagi dan sore hari," tutur mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Demikian tadi Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kebugaran. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya dari temulawak itu sendiri yang kadang belum kita sadari bersama.

Semoga bermanfaat.