Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Buka Puasa Yang Baik Dikonsumsi, Selain Sehat Dapat Mencegah Kanker

Menu makanan buka puasa yang sehat

ObatTradisional.Net-- Menu Buka Puasa Yang Baik Dikonsumsi, Selain Sehat Dapat Mencegah Kanker. Menu buka puasa adalah hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan. Karena biasanya kita akan mengkonsumsi sembarangan makanan pada saat berbuka puasa. Yang justru akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Akan lebih baiknya jika menu buka puasa kita menggunakan makanan yang banyak mengandung gizi yang baik bagi tubuh, agar tubuh kita tetap sehat dan penuh dengan energi. Kandungan gizi yang baik juga akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Masalah yang sering terjadi pada masyarakat Indonesia yang sedang berpuasa, ketika berbuka cenderung malas untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gizi yang baik seperti halnya sayur dan buah. Mereka lebih memilih makanan yang praktis dan mudah untuk dikonsumsi tanpa memikirkan dampak kesehatannya.

Padahal, makanan dari jenis sayuran dan buah merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi, selain memiliki gizi yang banyak juga dapat mencegah kanker. Salah satu penelitian telah menemukan bahwasanya, diet atau puasa yang notabenya mengkosongkan perut dalam waktu yang lama, lalu kemudian mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker.

Berikut ini adalah beberapa menu buka puasa yang baik dikonsumsi, selain sehat dan bergizi, ternyata dapat juga untuk mencegah kanker. Karena menu buka dibawah ini merupakan menu yang rendah kalori dan juga penuh dengan phytochemical serta antioksidan yang sangat membantu kita dalam mengurangi resiko terkena kanker.

1. Stroberi: Kaya Akan Antioksidan

Stoberi merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Stroberi memiliki kandungan vitamin C dan juga asam ellagic. Dari hasil penelitian laboratorium, asam ellagic memiliki sifat yang berfungsi sebagai anti kanker dengan meningkatkan enzim, peningkatan enzim bermanfaat untuk menghancurkan zat-zat penyebab terjadinya kanker dan memperlambat pertumbuhan penyakit tumor.

Dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh Wold Cancer Research Fund dan American Institute For Cancer Research menyatakan bahwasanya, stroberi dapat mencegah terjadinya bebagai macam penyakit kanker seperti kanker kulit, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kerongkongan.

2. Tomat: Sebagai Senjata Melawan Kanker Prostat

Tomat merupakan jenis makanan yang juga sangat bermanfaat sebagai senjata melawan kanker prostat. Warna merah yang menjadi ciri dari tomat ternyata merupakan senjata yang sangat potensial untuk melawan kanker dan penyakit jantung. Warna merah pada tomat sendiri berasal dari fitokimia yang disebut dengan likopen yang merupakan antioksidan yang menjadi senjata melawan kanker yang dimilikinya.

Likoper berguna untuk menghentikan pertumbahan segala jenis penyakit kanker termasuk kanker payudara dan kanker lapisan rahim. Likopen juga dapat bermanfaat sebagai pelindung dari kerusakan sel yang menjadi salah satu penyebab kanker terjadi dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari American Institute For Cancer Research.

3. Wortel: Baik Dikonsumsi Saat Matang

Wortel merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan beta-karoten yang berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh roksin serta memperlambat terjadinya kanker. Beberapa penelitian menyebutkan bahwasanya wortel sangat bermanfaat sekali terutama bagi penderita kanker serviks, karena wortel merupakan pemasok antioksidan yang baik berguna untuk memerangi HPV (human papilloma virus).

Dari hasil penelitian oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry menyatakan, wortel yang dimasak akan menghasilkan antioksidan yang lebih banyak dan baik daripada wortel yang dimakan secara mentah. Kedua cara pengkonsumsiannya sebenar masih tetap memiliki kandungan antioksidan, hanya saja yang membedakannya dari jumlah kandungan yang dimiliki.

4. Bayam: Sumber Karotenoid Super

Kandungan yang sangat luar biasa dimiliki bayam sangat berguna untuk menghilangkan molekul tidak stabil yang terjadi akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan tersebut adalah kandungan lutein dan kandungan zeaxanthin, yang menurut hasil penelitian dapat mencegah terjadinya kanker mulut, kanker kerongkongan, dan kanker perut.

Dalam sebuah hasil penelitian lainnya, kandungan karotenoid yang dimiliki oleh sayur bayam juga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker ovarium, kanker endometrium, kanker paru-paru, dan kanker kolorektal.

Demikian tadi menu buka puasa yang sehat dan juga dapat mencegah diri kita dari terkenanya penyakit kanker yang sangat membahayakan.

Akan lebih baiknya ketika berbuka puasa kita memperhatikan menu makanan yang akan kita konsumsi agar tubuh kita senantiasa sehat selalu, dan terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Asupan makanan yang sehat dan bergizi akan membuat tubuh kita sehat, karena dengan asupan makanan yang bergizi sistem kekebalan tubuh akan bekerja dengan baik. Terlebih dengan memperhatikan Menu Buka Puasa Yang Baik Dikonsumsi, Selain Sehat Dapat Mencegah Kanker.