Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur


ObatTradisional.Net-- Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur. Saat ini kita telah memasuki bulan suci Ramadan, Bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh belahan dunia. Yang mana di bulan ini seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu hari penuh selama satu bulan lamanya. Namun, tahukah kalian ? apa sajakah menu makanan sehat untuk di konsumsi buka dan sahur ?.

Hal ini sangatlah penting untuk di ketahui, karena banyak sekali orang yang sedang berpuasa menahan lapar dan haus selama satu hari penuh lupa dengan pola makanan sehat dan mengabaikan menu makanan sehat untuk di konsumsi buka dan sahur. Terlebih lagi apabila nanti hari raya atau lebaran tiba, banyak sekali diantara kita yang melahap semua menu makanan yang dihidangkan hingga lupa akan resiko kesehatan yang akan terjadi pada tubuh kita.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas menu apa sajakah yang baik di konsumsi dan dihindari untuk tetap menjaga kesehatan tubuh terutama menu makanan sehat untuk di konsumsi buka dan sahur.

Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari Selama Bulan Puasa

Daging dan Sumber Protein Lainnya

Dianjurkan Sebagai Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur:
  • Ikan, baik ikan air tawar maupun laut. 
  • Ayam bakar atau rebus yang tidak mengandung lemak.
  • Daging sapi atau daging kambing.
  • Udang dengan jumlah yang tidak berlebihan.
  • Kacang-kacangan seperti halnya kacang polo dan sejenisnya.
  • Kuning telur, di konsumsi sebanyak tiga kali selama seminggu
Makanan yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi Sebagai Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur:
  • Makanan hewani yang di goreng seperti ayam dan bebek goreng serta sejenisnya.
  • Daging yang mengandung lemak.
  • Jeroan.
  • Hotdog atau sosis dan sejenisnya.
  • Udang dan kerang dengan jumlah yang berlebihan.
Susu dan Produk Olahannya 

Dianjurkan Sebagai Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur:
  • Susu yang rendah kadar lemaknya
  • Youghurt dengan kadar lemak rendah.
  • Keju yang mengandung kadar lemak rendah.
Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi Sebagai Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur:
  • Susu alami.
  • Es krim dan whipped cream. 
  • Full cream youghurt.
  • Keju yang mengandung lemak tinggi terutama keju kuning.
 Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Dianjurkan Sebagai Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur:
  • Semua sayuran segar dan cara mengolahnya dengan di rebus, di kukus, atau di goreng dengan sedikit minyak.
  • Buah-buahan segar dan jus buah secukupnya saja.
Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi Sebagai Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Buka dan Sahur:
  • Olahan sayuran yang di goreng menggunakan banyak minyak.
  • Sayuran yang di goreng dengan mentega.
  • Jus dengan tambahan gula.
  • Kentang goreng. 
Jenis Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Berbuka Puasa

Setelah berpuasa selama satu hari penuh lamanya, tubuh membutuhkan banyak cairan dan energi. Maka sangat disarankan ketika berbuka menu makanan sehat untuk di konsumsi berbuka yang baik adalah yang banyak mengandung karbohitdrat yang sederhana dan banyak minum air putih. Tidak disarankan untuk langsung mengkonsumsi makanan yang berat-berat. 

Makanan sehat yang dianjurkan terlebih dahulu seperti halnya kurma, buah-buahan, dan yang sejenis lainnya. Ketika sudah 30-60 menit kedepan, barulah mengkonsumsi menu buka utama seperti nasi dan lauk pauk lainnya.

Selain baik secara agama, makanan ringan juga menyehatkan lambung kita yang telah beristirahat lama selama menjalankan ibadah puasa. Karena apabila langsung mengkonsumsi makanan  yang berat maka justru akan membuat tubuh kita lemas dan malas untuk beribadah.

Menu Makanan Sehat untuk di Konsumsi Buka

1. Kurma

Menu makanan sehat di konsumsi buka yang pertama adalah kurma. Kurma adalah salah satu makanan manis yang memiliki banyak kegunaan untuk pencernaan kita. Kurma dapat mengembalikan energi tubuh kita beberapa saat setelah mengkonsumsinya.

Oleh karena itu, berbuka dengan kurma akan dapat menghindari kita dari makan berlebihan saat berbuka puasa. Saat menyantap kurma di awal sebagai menu makanan sehat untuk di konsumsi berbuka, perasaan lapar setelah menjalankan puasa yang kita rasakan akan teratasi.

2. Air Putih

Air putih juga menjadi salah satu menu makanan sehat untuk di konsumsi saat berbuka puasa di awal. Karena, tubuh kita akan mengalami dehidrasi saat kita telah melakukan puasa satu hari penuh lamanya.

Perlu kita ketahui bahwasanya tubuh kita terdiri dari 60-070% air. Air di dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk membentuk seluruh sel-sel baru yang ada di dalam tubuh kita.

Oleh karena itu di anjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat kita berpuasa serta mendapatkan berbagai manfaat lainnya dari meminum air putih. 

Setelah menu yang dijelaskan tadi sudah kita santap di awal sebagai menu makanan sehat untuk di konsumsi saat berbuka, setelah itu maka kita diperbolehkan untuk menyantap menu buka puasa yang lainnya dengan catatan tidak berlebihan.

Jenis Menu Makanan Sehat untuk di Konsumsi Sahur

Ketika sahur di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat untuk di cerna oleh tubuh. Kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan berserat seperti, roti gandum, kacang hijau, kentang dan lain sebagainya.

Jenis Menu Makanan Sehat Untuk di Konsumsi Sahur

1. Roti Gandum

Menu makanan sehat untuk di konsumsi sahur yang pertama adalah roti gandum, karena roti gandum memiliki kandungan karbohitrat kompleks yang dapat mengenyangkan.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan sumber serat yang sangat tinggi yang baik di konsumsi ketika sahur dan juga memiliki manfaat kesehatan, terlebih bagi siapa saja yang memiliki permasalahan terhadap pencernaan. Untuk menu sahur kita bisa menyajikan kacang hijau dengan cara di rebus dengan gula aren.

Selamat mencoba semoga bermanfaat beberapa keterangan di atas terkait dengan menu makanan sehat untuk di konsumsi buka dan sahur agar menu makanan kita menjadi lebih baik dan sehat.