Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Alami Malaria Yang Mudah Dibuat di Rumah


ObatTradisioanal.Net-- Obat Alami Malaria Yang Mudah Dibuat di Rumah, Malaria merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menyakitkan yang ditularkan oleh nyamuk. Penanganan dalam mengobati penyakit malaria ini pun harus dengan serius. Selain dengan cara pengobatan medis, ternyata ada beberapa jenis obat alami malaria yang mudah dibuat di rumah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Kita tidak perlu memikirkan bahan-bahan yang sulit untuk didapatkan untuk membuat obat alami malaria yang mudah dibuat di rumah. Karena, bumbu dapur seperti halnya kayu manis, kunyit, dan jahe ternyata bisa digunakan sebagai salah satu obat alami untuk mengobati penyakit malaria.

Obat Malaria Yang Alami Ada di Dapur

Kita harus tahu, ternyata sebagian bumbu dapur yang ada di rumah kita bisa digunakan sebagai obat alami malaria. Namun meski pun bumbu dapur bisa sebagai obat alami malaria yang dibuat di rumah,
kita tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pengobatan medis. Karena bahan-bahan alami ini hanya sebagai pendamping dari pengobatan alami malaria.


1. Kayu Manis

Penyakit malaria merupakan penyakit dengan gejala yang di tandai dengan demam tinggi, menggigil, berkeringat, muntah-muntah, diare, nyeri otot, dan pusing di kepala. Ternyata kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang mampu meredakan gejala-gejala tersebut.

Kayu manis sendiri memiliki kandungan antiperadangan, antioksidan, sekaligus dengan antibakteri. Sehingga kayu manis sendiri mampu untuk meredakan gejala-gejala malaria. Caranya cukuplah mudah cukup campurkan saja kayu manis ke dalam air hangat, dan tambahkan madu secukupnya untuk menambahkan rasa yang manis pada ramuan tersebut. Untuk hasil yang maksimal, maka cara mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari.


2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tumbuhan rempah-rempah super yang dipercaya memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat sehingga dipercaya mampu mengobati banyak penyakit. Kunyit sendiri memiliki kandungan zat antioksidan dan antibakteri yang mana mampu membersihkan tubuh kita dari racun dan infeksi. kunyit juga dipercaya mampu menghancurkan parasit malaria lebih dari itu, kunyit juga bisa meredakan gejala malaria seperti nyeri pada otot dan sendi.

Cara meramu kunyit untuk obat alami malaria tidaklah sulit, sama seperti halnya meramu kayu manis. Serta untuk mendapatkan manfaatnya maka sebaiknya di konsumsi dua kali dalam sehari.

Baca Juga:


3. Jahe

Ketika parasit yang disebabkan oleh malaria masuk ke dalam tubuh kita, maka hati adalah tujuan utamanya. Di dalam hatilah parasit akan berkembang biak menjadi lebih banyak.  Dalam beberapa hari kedepan parasit akan menyebar dengan cara masuk ke dalam aliran darah tubuh kita dan menginfeksi sel darah merah yang ada di tubuh. Mengerikan sekali bukan ?

Namun jangan khawatir, karena obat alami malaria seperti jahe mampu untuk mengatasinya. Jahe sendiri memiliki kandungan zat antibakteri dan antiinflamasi. Jahe juga dipercaya mampu meredakan gejala yang di timbulkan oleh malaria seperti halnya nyeri dan mual.


4. Jeruk Nipis

Sama halnya dengan bumbu dapur rumah yang disebutkan di atas tadi. Jeruk nipis juga dipercaya mampu menjadi obat alami malaria. Kandungan penting yang dimiliki oleh jeruk nipis, seperti halnya vitamin C, bisa membantu kita meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit malaria.


5. Jeruk Bali

Sama dengan jeruk nipis, jeruk bali menjadi salah satu pilihan obat alami malaria selanjutnya. Jeruk bali sendiri dipercaya memiliki kandungan untuk menyembuhkan gejala-gejala yang di timbulkan oleh malaria.Untuk cara menggunakannya sebagai obat alami malaria cukup dengan merebus jeruk bali menggunakan air panas, lalu saring bulur-bulirnya, kemudian diminum.

6. Jus Jeruk

Jus jeruk juga memiliki manfaat sebagai obat alami malaria. Dengan cara membuat jus jeruk tanpa dengan menggunakan gula. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Oleh sebab itu, jus jeruk diyakini mampu meredakan demam tinggi yang dialami oleh seseorang yang menderita malaria.

Cara Mencegah Malaria

Malaria sendiri dapat ditularkan oleh nyamuk dari jenis Genus Anopheles, terutama dari jenis yang betina. Untuk mencegah tertular dari penyakit malaria, tentu kita harus menghindari diri kita dari tergigit nyamuk.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar tertularnya malaria:
  • Mengoleskan obat anti nyamuk ke kulit kita, terutama bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh pakaian. Sebaiknya gunakan obat anti nyamuk yang mengandung 20-35% N, N-Diethyl-meta-toluamide (DEET).
  • Menggunakan pakain yang menutupi seluruh bagian yang mudah ketika berpergian di malam hari.
  • Menggunakan kelambu atau tempat pelindung saat akan tidur agar tidak tergigit nyamuk.
  • Menyeprotkan insektisida ke pakaian, karena nyamuk masih bisa menembus pakaian yang sangat tipis kainnya.
  • Menyeprotkan insektisida ke seluruh ruangan yang akan digunakan untuk tidur.
  • Menggunakan obat anti nyamuk yang sudah ada baik yang bakar maupun yang elektrik.
Perhatian sebelum mengkonsumsi beberapa obat alami malaria yang bisa dibuat di rumah di atas, pastikan bahwa kita sudah berkonsultasi dengan dokter. Selalu konsumsi obat alami malaria dengan di bawah pengawasan dokter.