Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Tradisional dan Alami Atasi Kulit Gatal Akibat Alergi


ObatTradisional.Net-- Obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi kebanyakan berasal dari tanaman herbal yang ada. Beberapa jenis tanaman herbal bisa menjadi salah satu alternatif  sebagai obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi. Jadi, obat tradisional dan alami tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti obat dari medis atau dokter.

Gatal akibat alergi merupakan hal yang umum terjadi yang mana biasanya dapat sembuh kembali tidak lebih dari kurun waktu dua minggu. Gejala seperti gatal akibat alergi akan terjadi dikarenakan sistem kekebalan di dilam tubuh kita salah melawan zat yang sebetulnya tidak berbahaya (alergen). Karena, saat alergen masuk atau menyentuh tubuh kita, tubuh kita akan mengeluarkan zat antibodi dan histamin yang dapat menyebabkan peradangan seperti hal nya ruam dan gatal pada kulit.

Obat tradisional dan alami untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi bisa mempercepat penyembuhan.
Hal ini tentunya lebih baik dari pada kita menggaruk bagian kulit yang gatal akibat alergi. Menggaruk kulit yang gatal akibat alergi sebenarnya tidak disarankan karena justru akan menimbulkan masalah kulit yang lainnya seperti kulit kering, bersisik, dan terjadinya luka pada kulit.

Berikut Beberapa Macam Obat Tradisional dan Alami Atasi Kulit Gatal Akibat Alergi:

Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Lidah Buaya


Obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi yang pertama adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki gel yang bisa digunakan untuk meredakan iritasi karena kulit gatal dan melembapkan kulit.Hal ini juga bisa bermanfaat untuk mencegah iritasi yang berkembang menjadi infeksi pada kulit. Selain itu juga lidah buaya mampu membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akibat alergi akan segera sembuh dan meninggalkan bekas luka samar.

Lidah buaya pada umumnya sangatlah aman untuk digunakan semua orang. Namun untuk beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitif, maka dianjurkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Cara mengujinya adalah dengan cara mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke bagian punggung kulit tangan untuk memeriksa tanda-tanda reaksi yang terjadi. Bila sampai kurun waktu 24 jam tidak ada tanda-tanda serius, maka lidah buaya bisa digunakan sebagai obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik sebagai obat tradisional dan alami atasi gatal pada kulit akibat alergi, maka sebaiknya pilihlah lidah buaya yang murni atau yang baru dipetik secara langsung.

Minyak Kelapa


Minyak kelapa adalah obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi selanjutnya. Minyak kelapa adalah hasil dari mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Minyak kelapa juga diyakini mampu mengobati kulit gatal akibat alergi karena adanya peradangan sewaktu alergi.

Minyak kelapa sendiri mampu meredakan peradangan yang terjadi dengan meningkatkan  kadar antioksidan. Berdasarkan hasil penelitian dari Healthline, antioksidan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan, salah satu penyebab gatal-gatal di kulit.

Minyak kelapa juga sangat efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama bagi kita yang memiliki kulit yang mudah kering. Orang yang memiliki kulit yang kering, maka akan rentan mengalami gatal-gatal dan bersisik. Maka salah satu obat tradisional dan alami yang bisa digunakan. sebagai solusi adalah minyak kelapa.

Es Batu

Mengompres bagian kulit yang gatal akibat alergi dengan menggunakan es batu bisa menjadi cara selanjutnya sebagai obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi. Karena dengan mengompres dengan es batu dapat membantu meringankan gejala gatal-gatal yang ada. Caranya cukup meletakkan es batu yang sudah di bungkus dengan kain di bagian yang gatal akibat alergi.

Demikian tadi beberapa obat tradisional dan alami atasi kulit gatal akibat alergi. Namun perlu diingat kembali, bahwa bahan tradisional dan alami ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama atau obat alternatif. Jika gatal akibat alergi yang terjadi tidak kunjung reda, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter kulit terdekat.