Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayuran Untuk Kesehatan Otak yang Baik Dikonsumsi

Obattradisional.Net-- Banyak sekali jenis sayuran yang bisa kita konsumsi tetapi tidak semuanya Sayuran Untuk Kesehatan Otak yang Baik Dikonsumsi.

Hanya beberapa jenis sayuran saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan otak kita. Selain kesehatan otak sayuran ini juga berguna untuk memasok gizi ke otak kita agar otak kita bekerja sesuai dengan fungsinya secara optimal.

Oleh karena itu sayuran ini sangat tepat sekali apabila sering disajikan untuk menu makanan keseharian kita dirumah. Terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sayuran yang sehat untuk otak itu identik dengan warna, dan warna sayuran dapat menggambarkan seberapa banyak nutrisi yang dimiliki dan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Daftar Sayuran Untuk Kesehatan Otak yang Baik Dikonsumsi 

Dalam sebuah buku yang berjudul Makanan untuk Otak Panduan Penting untuk Meningkatkan Kemampuan Otak Anda (2005) oleh Lorraine Perretta, menyatakan bahwasanya, sayuran yang memiliki warna yang alami seperti kuning, hijau, dan merah. Sudah terbukti memiliki zat-zat kandungan yang sangat baik untuk kesehatan otak.

1. Bawang Bombay

Sayuran sehat untuk dikonsumsi

Bawang bombay memiliki warna kuning yang dihasilkan dari sekelompok zat flavonoid yang biasa disebut dengan antozantin.

Zat antozantin ini lah yang dimiliki oleh bawang bombay yang diyakini dapat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan juga kesehatan otak dari radikal bebas, sehingga otak dapat berkerja secara optimal.

Sementara, untuk aroma bawang bombay yang khas tersebut berasal dari uapan minyak yang mempunyai kandungan sulfur.

Uap ini memang dapat menimbulkan rasa perih di bagian mata kita. Namun, sulfur dari uap yang dapat menimbulkan perih di mata ternyata sangat berguna untuk melawan racun yang dapat menghilangkan fungsi otak secara stabil.

Bawang bombay juga dapat merangsang aktivitas asam amino otak dan saraf kita dengan merubahnya menjadi neurotransmitter yang sangat bermanfaat untuk otak kita.

2. Brokoli

Sayuran sehat dan baik dikonsumsi

Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Brokoli merupakan sayuran jenis kubis yang memiliki kandungan 90 persen air.

Karena kandungan yang dimilikinya maka brokoli diyakini menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi otak kita.

Selain kandungan flavonoid, brokoli ternyata kaya akan kandungan gizi, kalsium, potassium, dan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan otak.

Dari hasil penelitian, semangkuk brokoli yang dimasak bisa mengandung banyak vitamin C dibandingkan dengan dua buah jeruk.

Hanya saja yang membedakan vitamin C sayuran dan buah-buahan yaitu, vitamin C pada sayuran mudah sekali hilang. Oleh karenanya dianjurkan memasak secukupnya saja sayuran yang mengandung gizi.

Apabila kita ingin membeli brokoli dan mendapatkan manfaat gizi yang lebih banyak disarankan untuk memilih brokoli yang berwarna hitam gelap. Brokoli berwarna hitam gelap kandungan gizinya akan lebih banyak.

3. Bit

Sayuran yang baik dan sehat dikonsumsi

Bit merupakan makanan bous otak. Karena banyaknya kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh otak kita.

Seperti kita ketahui bersama, untuk menghasilkan energi, otak kita membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat dan glukosa.

Sedangkan bit merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan karbohidrat dan glukosa siap pakai dan juga menjadi sumber zat besi yang dapat memperlancar aliran darah untuk membawa oksigen sampai ke otak kita.

Warna ungu yang dimiliki bit dihasilkan oleh adanya antisianidin yang berguna untuk melindung mebran otak yang sangat lembut sehingga otak mudah menangkap pesan neurotransmitter.

Bit juga kaya akan zat kimia seperti sodium, potasium, kalsium dan fosfor. Semua kandungan tersebut diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebaikan mental.

Mineral-mineral tersebut dapat memperlancar kinerja saraf untuk mengirimkan pesan ke otak kita. Apabila ingin membeli bit sebaiknya beli bit yang masih segar, besar, mulus, dan kencang. Hindari bit yang memiliki tanda-tanda akan membusuk.

4. Paprika merah

Sayuran yang baik dan sehat dikonsumsi

Kandungan vitamin C dan betakaroten pro-vitamin A yang sangat kaya dimiliki oleh paprika hijau ataupun merah sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Kandungan vitamin C pada paprika merah lebih tinggi 20 persen dibandingkan dengan paprika hijau. Kandungan betakaroten pada paprika merah juga lebih tinggi 15 persen dari yang hijau.

Warna merah yang dimiliki paprika yang menjadi sebab banyak tidaknya kandungan betakaroten yang dimiliki yang baik untuk otak.

Paprika yang segar akan memiliki tampilan yang segar, kencang, berwarna cerah, dan tebal dagingnya. Oleh karena itu hindari paprika yang kurang segar saat membeli karena kandungan kesehatan yang ada dalam paprika yang tidak segar akan sangat berkurang atau hilang.

5. Tomat

Sayuran yang baik dan sehat dikonsumsi

Warna merah cerah pada tomat dihasilkan oleh kandungan likopen yang sejenis dengan antioksidan yang bermanfaat melindungi sistem otak dan saraf.

Tomat juga memiliki kandungan mineral dan vitamin B yang dapat menghasilkan kekuatan otak sehingga dapat menghasilkan neuromessenger (pembawa pesan) dari saraf ke otak.

Kekurangan kandungan yang terjadi saat ini dalam kandungan tomat dikarenakan petani sering memetik tomat yang belum matang atau merah dan membiarkan matang dengan cara yang tidak alami.

Jadi, apabila ingin mendapatkan tomat dengan kandungan likopen dan vitamin C yang banyak dan tinggi maka pilihlah tomat yang segar, merah dan kecil ukurannya.

Jika masih saja tidak menemukan sebaiknya belilah tomat dengan kemasan kaleng. Karena tomat kaleng masih diyakini memiliki kandungan dua per tiga vitamin C dan satu per tiga karotenoid dari tomat yang segar.

Demikian tadi Sayuran Untuk Kesehatan Otak yang Baik Dikonsumsi untuk keseharian kita agar otak kita dapar berfungsi dengan baik sesuai dengan yang kita inginkan.