Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Kesehatan Kayu Manis yang Bisa Kita Gunakan

7 Manfaat Kesehatan Kayu Manis yang Bisa Kita Gunakan

Obattradisional.Net-- Kita tentunya sudah sangat mengenal jenis rempah-rempah yang satu ini. Ya, Kayu manis merupakan rempah-rempah yang sangat familiar di kalangan masyarakat kita, karena merupan salah satu bahan dasar yang sering digunakan untuk penyedap rasa makanan serta memiliki 7 manfaat kesehatan kayu manis yang bisa kita gunakan.

Namun siapa sangka, ternyata kayu manis tidak hanya bermanfaat untuk penyedap rasa makanan saja. Kayu manis memiliki beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita gunakan, lalu apa sajakah manfaat kesehatan kayu manis untuk kesehatan ? Berikut akan kami uraikan dalam artikel ini.

Kayu manis merupakan jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Karibia, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Disana kayu manis merupakan bahan penyedap rasa nomor dua setelah lada hitam. Kayu manis diyakini mampu menjadi penyeimbang rasa dari lada hitam.

Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Kayu Manis

Dalam satu sendok teh kayu manis dengan berat 2,6 gram memiliki kandungan energi 6,42 kalori, karbohidrat 2,1 gram, kalsium 26,1 miligram, zat besi 0,21 miligram, magnesium 1,56 miligram, fosfor 1,66 miligram, potasium 11,2 miligram, vitamin A 0,39 kilogram.

Kayu manis juga memiliki kandungan vitamin B dan K serta antioksidan choline, beta-carotene, alpa- carotene, beta-cryptoxanthin, likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Antioksidan sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi stres oksidatif serta mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, kanker, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa ilmuwan berdasarkan hasil penelitian telah menemukan beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh yang bisa kita gunakan:

1. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan bagian terpenting tubuh kita untuk menangkal kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kayu manis memiliki antioksidan yang sangt kuat, seperti pelifenol.

Dari hasil penelitian dengan ujicoba kandungan antioksidan dari berbagai macam jenis rempah-rempah kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang lebih unggul dari yang lainnya.

2. Kayu Manis Memiliki Kandungan Anti-Inflamasi

Kandungan anti-inflamasi sangat berguna untuk memperbaiki sistem jaringan yang ada di tubuh. Sehingga kayu manis sangat berguna untuk memperbaiki kerusakan jaringan tubuh karena kandungan yang dimilikinya.

Namun, dalam penggunaannya tetap harus berkonsultasi terlebih dahu dengan dokter. Karena ketika terjadi kerusakan jaringan yang bersifat kronis, menggunakan kayu manis secara sembarangan justru akan menjadikan masalag kesehatan yang lainnya.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kayu manis memang diyakini mampu untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian satu gram kayu manis atau setengah sendok teh kayu manis mampu memberikan efek yang baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Kita semua ketahui penyakit jantung memang berkaitan dengan diabetes. Ketika diabetes diabiarkan dan kadar gula naik maka akan menimbulkan penyakit jantung menyerang tubuh kita.

Selain itu, manfaat lainnya kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida. Untuk kadar kolesterol baik akan menjadi lebih stabil dalam fungsinya.

Penelitian yang baru-baru ini ditemukan adalah 120 miligram kayu manis dalam sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh kita.

5. Meningkatkan Sensitivitas Terhadap Hormon Insulin

Hormon insulin merupakan salah satu hormon unta untuk meningkatkan metabolisme dan penggunaan energi tubuh. Insulin juga berguna untuk mengalirkan darah secara baik ke seluruh tubuh.

Dengan memanfaatkan kayu manis , maka akan meningkatnya kadar sensitivitas hormon insulin di dalam tubuh serta dapat meningkatkan kadar gula darah kita.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Memiliki Efek Anti Diabetes yang Kuat

Kayu manis sangat terkenal sebagai obat penurun kadar gula darah. Selain dengan mengandalkan kandungan insulinnya, kayu manis memiliki kandungan lain yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Kayu manis dapat mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah kita setelah makan. Dengan mengandalkan kandungan enzim yang memperlambat karbohidrat di saluran pencernaan.

Kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah hingga 10-30% sebagai efek anti diabetes yang sangat kuat sekali. Dengan dosis penggunaan 1-6 gram dalam sehari. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

7. Memiliki Efek Baik Untuk Penyakit Neurodegeneratif

Penyakit Neurodegeneratif adalah penyakit yang ditandai dengan hilangnya fungsi dan struktur sel otak secara progresif.

Kandungan senyawa yang ada pada kayu manis dapat menghambat penumpukan protein dibagian otak yang menyebabkan terjadinya penyakit.

Dosis Mengkonsumsi Kayu Manis yang Aman

Dalam mengkonsumsi kayu manis tetap tidak diperbolehkan secara berlebihan. Para ahli menyarankan 1/2 - 1 sendok teh (2-4 gram) bubuk dalam sehari. Karena dosis yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada tubuh.

Efek Samping Kayu Manis

1. Iritasi dan Alergi

Kayu manis biasanya tidak menimbulkan efek samping. Hanya saja bagi pengguna yang berat biasanya akan mengiritasi bagian bibir dan mulut serta menyebabkan luka. Beberapa diantara kita ada yang alergi terhadap kayu manis jika terkena kulit dengan munculnya bintik merah pada kulit.

2. Toksisitas

Memakan terlalu banyak kayu manis jenis cassia bisa menjadikan racun terutama bagi mereka yang memiliki masalah pada bagian hati. Akan tetapi jika mengkonsumsinya masih dalam batas wajar tidak akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Untuk anak-anak ibu hamil dan menyusun sebaiknya menghindari kayu manis sebagai metode pengobatan.

3. Turunkan Gula Darah

Kayu manis dapat menurunkan gula darah. Bagi kita yang memiliki diabetes dianjurkan untuk menyesuaikan penggunaanya agar tidak terjadi efek samping yang membahayakan.


Demikian tadi 7 manfaat kesehatan kayu manis yang bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.