Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Singkong dan Sayuran Penambah Darah Lainnya yang Penting Dikonsumsi Penderita Anemia

Sayuran penambah darah

Obattradisional.Net-- Daun singkong dan sayuran penambah darah lainnya yang penting dikonsumsi penderita anemia. Sayuran penambah darah adalah jenis sayuran yang wajib dikonsumsi oleh seseorang yang menderita anemia. Namun, sayuran ini juga tetap boleh dikonsumsi seperti biasanya untuk seseorang yang tidak menderita anemia.

Anemia adalah sebuah penyakit dimana seseorang kekurangan kandungan sel darah merah di dalam tubuhnya. Sehingga bagi penderita anemia akan mudah mengalami lemas atau kelelahan akibat dari anemia yang di alaminya.

Sebenarnya sudah banyak sekali obat penambah darah yang bisa kita beli untuk mengatasi gejala anemia yang kita alami. Namun, terlalu sering mengkonsumsi obat kimia maka akan menimbulkan efek tidak baik bagi tubuh. Untuk itu tidak ada salahnya apabila kita mencoba mengobati anemia dengan obat-obatan yang alami.

Obat alami ini berasal dari buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan zat besi yang sangatlah berguna untuk mengatasi anemia yang kita alami.

Berikut ini beberapa jenis sayuran yang dapat kita konsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi anemia yang kita alami :

Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan jenis sayuran pertama yang sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia dan sudah terbukti khasiatnya. Satu mangkuk sayur bayam yang kita makan mengandung 6,5 mg zat besi.

Kandungan zat besi yang dimiliki sayur bayam sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia yang merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat kekurangan zat besi.

Tidak hanya zat besi saja ternyata sayur bayam kaya akan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya kalsium, serat, protein, dan kandungan vitamin lainnya.

Sayur Buncis

Sayur buncis adalah jenis sayuran berikutnya yang harus dikonsumsi oleh penderita penyakit anemia. Selain mudah untuk didapatkan serta harganya yang terjangkau, kandungan gizi pada sayur buncis terbilang lengkap.

Sayur buncis kaya akan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayur buncis mengandung 1 mg zat besi dalam setiap dalam 100 gram buncis yang disayur yang mampu memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh.

Sayur Kubis dan Kol

Sayur kubis dan kol kaya akan kandungan zat besi dan juga vitamin c yang dapat membantu kita dalam mengatasi anemia yang kita alami. Bukan hanya itu saya kubis dan kol juga kaya akan kandungan potassium yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Dengan rutin mengkonsumsi kubis dan kol maka kita akan mendapatkan dua manfaat yaitu sebagai penambah darah dan juga memperlancar peredaran darah.

Daun Singkong

Singkong merupakan jenis tanaman ubi jalar yang sangat dikenal dengan umbinya yang bisa dijadikan beraneka macam varian makanan, daun dari singkong ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan ketika di sayur.

Kandungan vitamin A, B1, dan C serta kalsium, fosfor, dan zat besi yang juga merupakan kandungan penting untuk menambah darah bagi penderita anemia.

Oleh karena itu bagi penderita anemia dianjurkan untuk sering mengkonsumsi daun singkong sebagai solusi pengobatannya. Penyajian pun banyak variannya bisa di jadikan lalapan atau dimasak menjadi sayur utama.

Sayur Sawi

Sayuran penambahan darah selanjutnya yang sangat bermanfaat yaitu sayur sawi. Kandungan zat besi yang dimiliki sawi menjadi solusi penting untuk anemia. 

Sayur sawi memiliki kandungan  vitamin A yang memiliki peran penting untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Sayur Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan zat besi, dalam setiap 150 gram sayuran brokoli yang disajikan mengandung 6% zat besi yang bermanfaat untuk penderita anemia.

Selain kandungan zat besi ada kandungan lain yang sangat dibutuhkan tubuh yang dimiliki oleh sayur brokoli diantaranya, kandungan vitamin C dan K serta asam folat.

Demikian tadi sederet manfaat daun singkong dan sayuran penambah darah lainnya yang penting dikonsumsi penderita anemia. Selain dapat mengobati deretan sayuran tersebut dapat mencegah kita terkena anemia.