Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh yang Harus kita Ketahui

Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh yang Harus kita Ketahui

10 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan Tubuh yang Harus kita Ketahui - Buah markisa memiliki aroma yang sangat harum serta rasa yang sangat manis. Buah markisa sendiri jika belum matang maka berwarna hijau dengan bentuknya yang bulat. Untuk buah markisa yang sudah matang dan siap di santap maka warnanya akan berubah berwarna kuning ketika di buka, tampak biji yang serupa dengan selasih. Buah markisa selain dapat di makan secara langsung atau dijadikan minuman jus, manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak sekali.

Memang masih banyak sekali di antara kita yang belum mengetahui manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh. Selain masih banyak yang belum mengetahui manfaatnya bagi kesehatan, buah markisa terbilang jarang ditemukan dan cukup lama sekali apabila kita menunggu buah ini matang. Namun walau pun terbilang lama matang nya, ini akan sepadan dengan manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh yang bisa kita gunakan.

Apa sajakah manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh?

Buah markisa bukan hanya sekedar buah yang biasa dimakan secara langsung atau pun dijadikan minuman jus, akan tetapi buah markisa memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak di ketahui banyak orang:

1. Kaya Vitamin C

Kaya vitamin C adalah salah satu manfaat buah markisa yang tidak boleh kita abaikan. Buah markisa merupakan salah satu sumber antiokasidan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. kandungan vitamin C yang ada pada buah markisa mampu menjaga tubuh kita dari kerusakan sel tubuh dan menurunkan resiko kita dari terkena pilek.

2. Sumber serat

Manfaat selanjutnya dari buah markisa yang bisa kita dapatkan adalah dari kandungan serat yang dimilikinya. Selain kandungan C yang dimilikinya, buah markisa kaya akan kandungan serat yang mampu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit dan menjaga tubuh kita agar tetap kenyang. Kandungan serat juga diyakini mampu menjaga kita dari resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Baca Juga:


3. Kandungan vitamin A

Kandungan vitamin A yang terdapat pada biji-bijian yang dimiliki buah markisa tidak boleh kita sepelekan. Kandungan vitamin A pada biji markisa mampu memenuhi 8% kandungan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila buah markisa mampu menjaga kesehatan sel tubuh serta daya tahan tubuh kita serta menjaga kesehatan sistem reproduksi di dalam tubuh.

4. Tinggi antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu hal yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh kita karena mampu menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh. Manfaat lainnya dari buah markisa adalah dapat menjadi sumber antioksidan yang dapat memperlancar peredaran darah. Beberapa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh buah markisa diantaranya adalah beta-karoten, polifenol, dan vitamin C.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah markisa mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang berasal dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Kandungan tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal radikal bebas serta membantu penyerapan zat besi dalam tubuh kita.

6. Mengurangi kecemasan

Manfaat buah markisa berikutnya adalah mampu mengurangi kecemasan akibat dari kandungan magnesium yang dimilikinya. Buah markisa kaya akan kandungan magnesium yang dapat mengurangi rasa cemas dan stres. Namun, untuk lebih meyakinkan manfaat buah markisa untuk mengurangi kecemasan dan stres masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Menaikkan fungsi insulin

Manfaat buah markisa untuk menaikkan fungsi insulin berasal dari kandungan piceatannol yang ada pada buah markisa. Selain dapat menaikkan fungsi insulin kandungan ini juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena diabetes.

Dalam sebuah hasil riset telah menemukan bahwa kandungan piceatannol pada buah markisa mampu menaikkan fungsi insulin dan juga meningkatkan metabolisme serta berperan untuk mengubah gula menjadi sumber energi bagi sel tubuh.

8. Indeks gikemik yang rendah

Buah markisa memiliki indeks gikemik yang rendah sehingga apabila dikonsumsi tidak akan menaikkan kadar gula di dalam tubuh secara signifikan. Buah markisa sendiri memang sangat bermanfaat sekali bagi penderita diabetes. Akan tetapi, bagi penderita diabetes sebelum mengkonsumsi buah markisa ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terdekat.

9. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat yang dimiliki buah markisa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan pencernaan akan tetapi, kandungan serat tersebut dapat mengeluarkan kolesterol di dalam pembuluh darah. Kandungan serat serta potasium yang ada pada buah markisa dapat menjaga kesehatan jantung.

Buah markisa dapat menstabilkan tekanan darah dalam menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu, buah markisa rendah akan kandungan sodium.

10. Mengandung antiradang

Kandungan yang unik pada buah markisa terdapat pada bagian kulitnya. Kulit markisa tinggi akan kandungan antioksidan yang dapat memberikan efek antiradang.

Kandungan suplemen pada kulit buah markisa ditemukan mampu mengurangi gejala asma dan mengurangi nyeri dan kaku pada bagian persendian. Meski demikian masih perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk lebih meyakinkan lagi manfaat kulit markisa sebagai antiradang.

Apakah buah markisa aman dikonsumsi?

Manfaat buah markisa mungkin tidak semua orang dapat merasakannya terlebih bagi seseorang  yang mengalami alergi terhadap lateks. Hal tersebut dikarenakan tekstur protein yang dimiliki buah markisa sama dengan tekstur protein pada lateks, sehingga dapat memicu reaksi alergi.

Selain itu, buah markisa yang berwarna ungu apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi racun karena mengandung senyawa cyanigenic glycoside yang dapat berinteraksi dengan enzim di dalam tubuh yang dapat membentuk racun sianida.

Bagaimana cara mengkonsumsi buah markisa?

Kita bisa mengkonsumsi buah markisa secara langsung atau diolah menjadi hidangan makanan atau pun minuman. Jika ingin mengkonsumsi nya secara langsung kita hanya tinggal membelah buah markisa menjadi dua bagian dan memakan bagian bijinya yang berwarna kuning.

Jika ingin dijadikan minuman jus anda cukup mengambil bagian biji-bijian buah markisa lalu campur kan dengan secukupnya es agar lebih segar. Namun, disarankan untuk tidak memanaskan atau merebus buah markisa untuk dikonsumsi.

Itu tadi manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh yang harus kita ketahui. Buah markisa kaya akan vitamin C, sumber serat, Mengandung vitamin A, tinggi antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kecemasan, indeks glikemik rendah, menaikkan sensitivitas insulin, menjaga kesehatan jantung, dan mengandung antiradang.