Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tanaman Herbal Ini, Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah Anda

4 Tanaman Herbal Ini, Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah Anda - Pada dasarnya, setiap tanaman yang ada di muka bumi ini memiliki manfaat. Hanya saja, tidak semua manusia yang mengetahui. Padahal tanpa disadari, tanaman-tanaman tersebut bisa dijadikan obat bagi manusia tersebut.

Memanfaatkan tanaman sebagai obat tradisional atau herbal sebetulnya bukan hal asing lagi. Bahkan WHO (World Health Organization), organisasi internasional yang berada di bawah PBB dan memiliki tanggung jawab dalam memberikan arahan, serta kebijakan penanganan kesehatan masyarakat dunia.Mendukung dan menyarankan hal tersebut, di mana efek samping dari obat tradisional ini relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan obat kimia.

Untuk mendapatkan tanaman herbal ini, Anda sebetulnya sudah bisa membelinya. Namun, jika Anda memiliki pekarangan yang cukup untuk bercocok tanam. Rasanya tidak ada salahnya, bila Anda menanam sedikit dari tanaman-tanaman tersebut. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengambilnya ketika dalam keadaan darurat. 

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam berbagai tanaman herbal, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional.

Baca Juga: Resep Herbal Agar Imun Kuat Di Masa New Normal yang Dianjurkan BPOM

Rimpang

Banyak sekali jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat tradisional dan salah satunya berasal dari jenis rimpang. Tidak saja memiliki banyak manfaat bagi tubuh, rimpang-rimpangan ini juga bisa digunakan sebagai rempah untuk memasak. 

Kunyit, jahe, kencur, temulawak, lengkuas, lempuyang, temuireng, temukunci, merupakan  beberapa diantaranya. Tanaman herbal ini bisa dikonsumsi dengan cara di geprek kemudian di rebus untuk kemudian di minum. Yang menarik, tanaman-tanaman ini juga bisa tumbuh dengan mudah tanpa perawatan khusus. 

Baca Juga: Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kebugaran

Tanaman kumis Kucing

Kumis Kucing

Tanaman herbal berikutnya yang juga dikenal sebagai tanaman toga (tanaman obat keluarga) adalah bunga kumis kucing. Bentuk bunganya yang khas dengan warna putih, dilengkapi dengan helai-helai putih layaknya kumis kucing, tanaman ini juga bisa mempercantik halaman rumah Anda.

Tanaman yang bisa tumbuh dengan subur di daerah subtropis dan tropis seperti di negara ini, memiliki banyak manfaat, terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan ginjal, diabetes, asam urat hingga hipertensi. Adapun kandungan di dalamnya diantaranya adalag Flavonoid, Orthosiphon, Sinensetin dan masih banyak lagi.

Tanaman Seledri

Seledri

Rekomendasi tanaman herbal yang bisa dijadikan obat tradisonal selanjutnya adalah seledri. Tanaman yang kerap digunakan sebagai pemberi aroma pada sup dan aneka makanan ini ternyata memiliki sejuta manfaat. 

Berbagai Vitamin terkandung dalam seledri, mulai dari Vitamin B6, Vitamin C juga Vitamin K. Selain itu, tanaman ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu Anda terhindar dari kerusakan sel karena radikal bebas dan oksidasi.

Daun Kelor

Berikut ini adalah tanaman herbal yang juga terus digunakan sebagai salah satu obat tradisional. Dari 20 gram daun kelor yang dikonsumsi setiap hari, Anda sudah bisa mendapatkan Protein sebanyak 2 gram, Vitamin B6 sebanyak 19%,  Zat besi sebesar 11% dan berbagai vitamin lainnya, seperti Vitamin C, Vitamin A dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Jantung Mata Lambung Wajah Ibu Hamil dan Anak

Daun ini bisa membantu meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, membantu mengatasi kanker, melindungi tubuh dari racun arsenik, baik untuk jantung dan mencegah anemia, hingga membantu memperbaiki daya ingat. Selain itu, daun kelor juga bisa membantu meningkatkan berat badan anak yang malnutrisi, dan lain sebagainya. 

Itu dia rekomendasi 4 tanaman herbal yang bisa cocok di tanam di pekarangan rumah. Masih ada banyak jenis tanaman lainnya yang bisa Anda pilih, namun pastikan Anda merawatnya dengan benar, agar tanaman-tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik.