Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asam Urat? Ini Dia Obat Tradisional untuk Mengatasinya

Asam Urat? Ini Dia Obat Tradisional untuk Mengatasinya - Jika selama ini Anda pikir bahwa asam urat adalah penyakit orang tua, maka Anda salah besar. Karena pada kenyataannya, penyakit ini bisa di idap oleh siapa saja terutama mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Penyakit asam urat bisa timbul karena berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin. Salah satu contohnya adalah daging merah, aneka makanan laut atau jeroan. Adapun gejala nya adalah rasa nyeri yang tidak tertahan disertai rasa panas hingga terjadinya pembengkakan di area persendian. 

Menghindari makanan yang menjadi pemicu asam urat adalah jalan terbaik. Namun bila penyakit tersebut sudah menyerang, apa bisa di kata. Anda hanya perlu mengobati nya untuk meredakan rasa sakitnya. Dan bila Anda ingin menggunakan bahan alami sebagai obat tradisional, berikut ini adalah beberapa rekomendasi nya untuk Anda. 

Jahe

jahe obat tradisional asam urat

Obat tradisional untuk asam urat yang pertama adalah jahe. Rimpang ini bisa Anda konsumsi dengan membuat ramuan minuman sederhana. Caranya adalah dengan mencampurkan jahe dengan air mendidih dan Anda bisa meminumnya setiap hari sebanyak tiga gelas. 

Cara yang kedua adalah dengan mengompres sendi yang sakit dengan parutan jahe. Tempel kan parutan jahe selama 15 hingga 30 menit sekali sehari. Namun pastikan Anda mengetes kulit terlebih dahulu karena khawatir nya kulit Anda tidak cocok dan mengalami iritasi.

Baca Juga: Manfaat Kulit Petai, Bisa Sembuhkan Penyakit Diabetes dan Asam Urat

Seledri

Seledri obat tradisional asam urat

Anda juga bisa memanfaatkan seledri sebagai obat tradisional untuk asam urat karena cenderung aman dan tidak menyebabkan efek samping. Tidak ada aturan atau batasan khusus untuk mengkonsumsi nya.Anda bisa mengolah seledri menjadi campuran jus atau menyantap nya mentah-mentah. Namun jika kesulitan, Anda juga bisa menemukan seledri dalam bentuk suplemen.

Kandungan luteolin yang terdapat pada biji seledri bisa mengurangi produksi oksida nitrat dan bisa memberikan perlindungan dari peradangan karena asam urat. Adapun kandungan lain dari seledri yang baik untuk penderita asam urat adalah Apigen, Phthalides, Matinol serta Apiin yang memiliki sifat diuretik atau mengeluarkan kelebihan garam serta cairan yang ada di dalam tubuh.

Sambiloto

Kandungan Alkane, Aldehid, Flavanoid, Kalsium, Kalium, Keton dan Natrium dalam sambiloto mampu menjadi obat tradisional untuk asam urat. Selain bersifat anti nyeri dan anti radang, sambiloto juga mampu menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mengkonsumsi daun yang rasanya pahit ini, Anda bisa mencampur nya dengan beberapa bahan seperti temulawak, lada.dan merebus nya dengan air. Konsumsi rebusan air ini tiga kali dalam sehari, satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit lainnya, seperti diabetes dan malaria. 

Daun Salam

daun salam obat tradisional asam urat

Dan rekomendasi berikutnya yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk asam urat adalah dengan menggunakan daun salam. Tidak hanya mampu memberikan aroma sedap pada masakan, daun ini juga ternyata kaya manfaat. Untuk mengkonsumsi nya, Anda cukup merebus sekitar 10 hingga 25 lembar daun salam dengan 3 gelas air putih. 

Selanjutnya rebus hingga air bersisa menjadi satu gelas saja. Air tersebut bisa Anda minum sebanyak dua kali. Sebelum meminum air rebusan daun salam ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu, Anda sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. 

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan yang Wajib Kita Ketahui

Itu dia beberapa obat tradisional untuk asam urat yang bisa Anda coba. Selain menghindari makanan yang memicu datangnya asam urat, sebaiknya Anda juga tetap hidup sehat, mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dan hindari stress yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.