Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Obat Tradisional dari Tanaman Liar yang Jarang Diketahui

Inilah Obat Tradisional dari Tanaman Liar yang Jarang Diketahui - Obat memiliki berbagai macam bentuk serta kandungan sesuai dengan kebutuhannya. Obat yang sering digunakan juga terdiri dari dua jenis yaitu obat kimia dan obat tradisional. Keduanya sama-sama membantu penyembuhan dari berbagai penyakit.

Akan tetapi, beberapa orang terkadang tidak cocok dengan salah satu jenisnya. Jenis kimia biasanya lebih banyak memberikan efek samping dibandingkan tradisional. Namun, obat tradisional biasanya memerlukan waktu yang lebih lama untuk membantu penyembuhan nya. Akan tetapi, tak jarang orang memilih jenis tradisional.

Hal ini dikarenakan bahannya murah namun khasiat nya cukup besar. Salah satu contohnya terkandung pada obat tradisional dari tanaman liar. Tanaman tersebut terkadang dianggap sebagai tanaman biasa seperti yang lainnya. Namun, sebenarnya banyak khasiat yang terkandung didalamnya seperti beberapa tanaman berikut ini. 

Baca Juga:

Putri Malu

Putri Malu

Tanaman ini biasanya ada disekitar kita. Namun, tidak setiap orang menyadari bahwa tanaman ini termasuk obat tradisional yang sering digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit. Sebagian besar masyarakat hanya tahu bahwa putri malu ini dapat dimainkan karena daun nya yang akan menutup jika disentuh. 

Obat tradisional dari tanaman liar ini memiliki nama latin mimosa pudica. Berbagai penyakit seperti insomia dan demam dapat diatasi dengan mengkonsumsi putri malu dengan cara tertentu. Untuk mengkonsumsi nya, Anda hanya perlu mencuci lalu merebus nya terlebih dahulu. 

Keji beling

Keji Beling

Berikutnya, terdapat tanaman kecibeling yang biasa disebut enyok kelo di daerah Jawa. Tumbuhan yang berasal dari Madagaskar ini bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tumbuhan berdaun tunggal ini dikenal sebagai obat untuk diabetes. Dengan dijadikan sebagai teh, tumbuhan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan aids dan leukimia. 

Babadotan

Babadotan

Tanaman babadotan ini juga termasuk obat tradisional dari tanaman liar. Dengan nama latin ageratum conyzoides, tumbuhan ini ternyata dapat membantu dalam penyembuhan luka. Akan tetapi, orang hanya menyadarinya sebagai tanaman liar yang biasa saja dan sering dibiarkan begitu saja. Dengan menumbuk lalu dibalurkan ke tubuh saat demam, maka demamnya akan berangsur membaik. 

Pegagan

Pegagan

Selanjutnya, Anda juga pasti sering tidak menyadari bahwa pegagan merupakan obat tradisional yang dapat memperkuat daya ingat. Tumbuhan dengan nama latin centella asiatica ini dapat membantu meningkatkan stamina dan sirkulasi darah. Anda tak perlu mengolahnya terlebih dahulu. Cukup dimakan langsung maka khasiat nya akan terasa. 

Alang-alang

Alang-Alang

Tanaman yang berdaun tinggi ini termasuk obat tradisional dari tanaman liar yang memiliki banyak khasiat. Walaupun sangat sulit diberantas karena sangat mudah tumbuh, khasiat nya ternyata cukup bagus untuk mengobati demam, meluruhkan kecing dan mengobati mimisan. 

Tanaman ini juga sering digunakan dalam campuran obat panas dalam dalam bentuk instan. Hal ini dikarenakan tanaman ini juga dapat menyembuhkan panas dalam beserta gejala nya. Dengan menyeduh akarnya, maka khasiat ini dapat Anda rasakan pada keluhan yang sedang Anda rasakan. 

Meniran

Meniran

Meniran atau phyllanthus urinaria ini termasuk kelompok rumput liar yang memiliki segudang manfaat. Meniran ini dapat membantu mengobati batuk, demam, haid berlebihan, penyakit hepatitis, serta penyakit ayan. Tanaman ini perlu Anda keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan atau dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu meminum air perasan nya. 

Inilah obat tradisional dari tanaman liar yang jarang diketahui yang dapat Anda gunakan. Jika Anda tidak merasa cocok dengan obat kimia, maka tanaman tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda. Selain lebih mudah ditemukan, tanaman liar tersebut juga cenderung lebih murah dibanding obat kimia pada umumnya.