Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat Buah Markisa untuk kesehatan yang perlu Kita Ketahui - Kita tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya buah markisa. Ternyata, manfaat buah markisa untuk kesehatan yang perlu kita ketahui sangatlah banyak sekali mulai dari menjaga kesehatan tubuh, serta menjaga kita dari berbagai macam jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Buah markisa merupakan salah satu jenis buah yang sangat unik yang biasa dikonsumsi bagian dalamnya dengan rasa manis asam yang dapat menyegarkan. Ada dua jenis buah markisa yang dapat kita temukan di negara kita Indonesia, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicapra). Yang membedakan dari kedua jenis markisa tersebut adalah ukurannya. Untuk buah markisa ungu memiliki ukuran lebih kecil dan lebih manis dari yang berwarna kuning.

Manfaat Buah Markisa untuk kesehatan

Mengenal manfaat buah markisa

Dalam satu buah markisa yang kita konsumsi mengandung sekitar 80-100 kalori. Buah markisa mengandung berbagai nutrisi penting yang menjadikan manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan juga kalium.

Selain itu juga buah ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting dalam jumlah yang kecil, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Dari kandungan tersebutlah yang menjadikan buah markisa dapat menyehatkan.

Berikut ini manfaat buah markisa untuk kesehatan yang perlu kita ketahui

Menangkal radikal bebas

Buah markisa mengandung banyak sekali antioksidan. Kandungan antioksidan yang ada pada buah markisa diantaranya adalah polifenol, flavonoid, vitamin C, dan piceatannol.

Kandungan antioksidan yang ada pada buah ini dapat berperan sebagai pelindung sel-sel tubuh dari efek negatif yang terjadi akibat radikal bebas. Paparan radikal bebas secara berlebihan serta bekepanjangan dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, dan juga kanker.

Menguatkan daya tahan tubuh

Buah-buahan dan sayuran merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang dapat berperan sebagai antioksidan. Begitu pula dengan buah markisa yang memiliki kandungan yang serupa pula sehingga nutrisi dan antioksidan pada buah ini dapat menguatkan daya tahan tubuh yang menjadikan tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Menyehatkan Pencernaan

Buah markisa merupakan salah satu jenis buah yang mengandung serat yang sangat tinggi. Dalam satu buah markisa yang kita konsumsi maka akan terdapat 2 gram kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dari kandungan serat tersebut yang dapat menjadikan buah markisa dapat melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Menjaga kadar gula darah

Buah markisa merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung indeks glikemik yang sangat rendah. Selain itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi yang dimilikinya mampu menjaga kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap stabil.

Manfaat buah markisa untuk menjaga kadar gula darah ini dibuktikan dalam sebuah penelitian  yang menyatakan bahwa ekstrak buah markisa dapat meningkatkan kinerja insulin dan mencegah terjadinya diabetes.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Markisa mengandung mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi serta mencegah resiko terkena osteoporosis. Selain itu, kulit markisa juga diketahui dapat meringankan seseorang yang terkena penyakit osteoarthritis. Akan tetapi manfaat ini masih terus harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat nya.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa penelitian yang menemukan manfaat buah markisa untuk mengobati asma, menjaga berat badan agar tetap ideal, memelihara kesehatan mata, mencegah obesitas, dan menurunkan kolesterol.

Meski demikian perlu kita ketahui bersama bahwasanya manfaat buah markisa untuk kesehatan yang perlu kita ketahui ini masih berdasarkan hasil penelitian berskala kecil. Hingga saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut secara medis untuk benar-benar menjadikan buah markisa sebagai salah satu pengobatan alternatif.

Kita bisa memanfaatkan buah markisa secara langsung maupun dihidangkan dengan cara lainnya. Biasanya cara memanfaatkan buah ini dengan membelah menjadi dua bagian lalu diambil bijinya yang berwarna kuning untuk dimakan langsung atau dijadikan minuman jus.