Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol, Diabetes, Kanker, dan Paru-Paru serta Efek Sampingnya

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Obattradisional.Net--
Sirsak merupakan jenis tanaman yang berasal dari negara Amerika Tengah dan Selatan. Sirsak memiliki buah yang rasanya manis dan asam serta banyak sekali tumbuh di negara kita Indonesia. Buahnya berbentuk panjang dan lonjong serta berduri dengan warna hijau.

Sirsak sendiri merupakan jenis buah yang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Tidak hanya daging dari buahnya saja yang memiliki manfaat kesehatan, daun sirsak juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan terutama untuk kolesterol, diabetes, kanker, dan paru-paru. 

Sudah banyak sekali di kalangan masyarakat terutama masyarakat Indonesia yang memanfaatkan daun sirsak sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang di derita. Cara memanfaatkan daun sirsak untuk obat tidak lah sulit cukup dengan merebus daun sirsak lalu meminum air rebusan untuk dijadikan obat herbal.

Banyak sekali yang meyakini manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan tidak terlepas dari banyaknya kandungan manfaat yang dimiliki oleh daun sirsak tersebut. Mulai dari tingginya kandungan vitamin C yang ada pada daun sirsak serta folat dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, tembaga, magnesium dan zat besi. Menjadikan daun sirsak sebagai pilihan yang ideal sebagai sumber nutrisi.


Namu, perlu kita ketahui juga terlepas dari banyaknya manfaat yang ada pada daun sirsak, mengkonsumsi daun sirsak juga memiliki efek samping yang harus di fahami. Oleh karena itu, tetap di anjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun sirsak tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping daun sirsak yang akan obattradisional.net  jelaskan.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Daun sirsak memiliki manfaat yang mampu untuk menurunkan kolesterol. Bagi kita yang sedang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan,  mengkonsumsi daun sirsak bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Daun sirsak mampu menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan yang ada di dalam tubuh kita sehingga kadar kolesterol kita ter kontrol dengan baik. Caranya sangatlah mudah cukup dengan rutin meminum air rebusan beberapa lembar daun sirsak untuk mengontrol kadar kolesterol di tubuh.


2. Atasi Diabetes

Daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois, dan polifenol. Kandungan yang ada pada daun sirsak tersebut mampu untuk menstabilkan jumlah kadar gula darah sehingga gula darah menjadi normal. Antioksidan yang ada mampu menjaga tubuh dari radikal bebas yang akan menyerang tubuh kita. Caranya cukup dengan merebus daun sirsak lalu meminumnya secara rutin.

3. Atasi Kanker

Daun sirsak diyakini mampu menjadi solusi menghambat sel kanker dengan lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada daun sirsak terbukti dapat menyembuhkan beberapa pasien yang memiliki penyakit kanker. Fungsi dari acetogenin berperan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker dan sel tumor yang akan berkembang di dalam tubuh.

4. Atasi Penyakit Paru-Paru

Daun sirsak memang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh serta dapat juga dijadikan pilihan alternatif obat herbal pencegah penyakit paru-paru. Kandungan acetogenin yang ada pada daun sirsak dapat menghambat perkembangan virus yang berada di paru-paru sehingga paru-paru kita tetap bersih dan sehat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi daun sirsak maka akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari radikal bebas yang akan menyerangnya yang bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit.

Cara memanfaatkannya yaitu dengan merebus lima lebar daun sirsak dengan menggunakan air berukuran empat gelas sampai hingga tersisa hanya satu gelas saja lalu di minum setelah hangat atau dingin untuk mendapatkan manfaatnya.

Efek Sampingnya

Mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan maka akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh, salah satu efek sampingnya dapat merusak saraf dalam beberapa jangka waktu yang panjang.

Gejala yang ada ditandai dengan munculnya gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan mengganggu saraf otak dan gejala lainnya seperti halnya gejala penyakit parkinson.

Kita tidak dianjurkan mengkonsumsi daun sirsak apabila sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, memiliki tekanan darah atau trombosit yang rendah, serta memiliki penyakit parkinson, gangguan ginjal, dan gangguan hati. Begitu pula untuk ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun sirsak. 

Oleh karena itu tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, diabetes, kanker , dan paru-paru agar dapat menghindari efek sampingya.