Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kencur untuk Kesehatan Bayi dan Kecantikan

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan sebenarnya sudah banyak sekali di manfaatkan dikalangan masyarakat kita. Kencur sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap rasa makanan. Tidak hanya itu saja, kencur biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu tradisional untuk kesehatan baik secara modern maupun secara tradisional.

Manfaat kencur untuk kesehatan memang sudah terbukti dan banyak digunakan sejak dahulu. Kencur sendiri merupakan jenis empon-empon yang kaya akan kandungan minyak atsiri serta senyawa alkaloid yang diyakini ampuh untuk pengobatan beberapa jenis penyakit. Kencur memiliki kandungan zat kimia yang sangat penting sebagai bahan untuk obat herbal.

Kandungan senyawa yang ada di dalam kencur diantaranya adalah mineral sebanyak 13,73 persen, pati 4,14 persen, serta kandungan minyak atsiri 0,02 persen. Minyak atsiri yang terdapat pada kencur memiliki banyak sekali kandungan senyawa, seperti asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, asam anisat, sineol, etil ester, paraeumorin, borneol, kaphene, gom, dan unsur alkaloid. Banyaknya kandungan senyawa aktif yang ada pada kencur yang menjadikan kencur bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat kencur untuk bayi 

Kencur memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang harus kita ketahui. Manfaat kencur sebagai obat tradisional salah satunya adalah untuk bayi yang bermanfaat sebagai obat batuk, mencegah bayi rewel akibat kelelahan, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, menghangatkan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.

Obat batuk bayi

Memanfaatkan kencur untuk obat batuk bayi sebaiknya diberikan kepada bayi yang berumur di atas enam bulanan. Akan tetapi tetap dianjurkan terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan kencur sebagai obat batuk bayi.

Dengan memanfaatkan perasan air kencur maka batuk yang di alami bayi akan mereda. Tidak hanya itu air perasan kencur dapat mengeluarkan lendir dahak pada bayi yang sedang batuk. Untuk hasil yang maksimal guna mengatasi batuk pada bayi sebaiknya berikan minuman air perasan kencur ini secara rutin kepada bayi yang sedang mengalami batuk.

Mencegah bayi rewel akibat kelelahan

Bayi yang sedang kelelahan maka akan mudah rewel dan menangis terus menerus. Sehingga akan berakibat bayi menjadi pendiam dan kurang aktif. Kita bisa mengatasi hal tersebut cukup dengan menggunakan perasan air kencur untuk mencegah bayi rewel akibat kelelahan. Caranya cukup tambahkan perasan air kencur ke dalam makanan atau susu bayi agar stamina bayi kembali dan bayi tidak rewel kembali akibat dari kelelahan.

Meningkatkan nafsu makan bayi

Perasan air kencur dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan bayi. Perlu kita ketahui apabila nafsu makan bayi berkurang maka akan membuat stamina bayi semakin menurun dan bayi menjadi kurang aktif. Untuk mengatasi hal tersebut coba gunakan perasan air kencur dan juga sedikit perasan air kunyit campur kan ke dalam makanan atau susu agar nafsu makan bayi menjadi lebih baik kembali.

Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Dengan memberikan sedikit campuran air perasan kencur kedalam makanan atau susu yang dimakan oleh bayi makan akan menjadikan daya tahan tubuh bayi menjadi lebih baik. Apabila daya tahan tubuh bayi baik maka bayi tidak akan mudah terserang bakteri, virus , atau parasit yang dapat membahayakan kesehatan bayi.

Baca juga: Jus Buah dan Sayur yang Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menghangatkan tubuh bayi

Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam kencur sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh bayi. Bayi sangat rentan terhadap penurunan suhu badan, sehingga apabila itu terjadi akan membuat bayi mudah rewel dan menangis. Untuk itu kita bisa menggunakan perasan air kencur yang kemudian kita oleskan secara merata ke tubuh bayi agar dapat menghangatkan tubuh bayi dan suhu tubuh bayi tetap selalu stabil.

Menjaga kesehatan kulit bayi

Bayi pada umumnya akan rentan terhadap masalah kulit seperti, pengelupasan kulit dan ruam pada bagian kulit terutama bagian pipi. Dengan memberikan perasaan air kencur kepada bayi selain dari manfaat kesehatan yang sangat bermanfaat ternyata juga mampu menjaga kesehatan kulit bayi sehingga hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit akan teratasi.

Manfaat kencur untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan bayi ternyata kencur memiliki berbagai macam manfaat lainnya untuk kecantikan yang bisa kita gunakan. Dengan menggunakan kencur maka kita akan mendapatkan manfaat kecantikan seperti mengatasi jerawat, memutihkan wajah, mengencangkan kulit, menghilangkan kantung mata, dan mengurangi produksi minyak di wajah.

Kencur bisa kita manfaatkan untuk mengatasi jerawat yang membandel di wajah kita. Cara menggunakannya bukanlah dengan rutin meminum air perasan kencur, melainkan dengan rutin menggunakan kencur yang sudah kita halus kan sebagai masker wajah. Selain menghilangkan jerawat yang membandel di bagian wajah kita, rutin menggunakan masker ini juga dapat menghindari wajah dari jerawat yang akan tumbuh.

Baca juga: Merawat Wajah Dengan Garam Agar Jerawat, Kusam, Berminyak Dan Kering Di Wajah Hilang

Selain dapat menghilangkan jerawat dan mencegah tumbuhnya jerawat dibagian muka, rutin menggunakan masker kencur maka kita akan mendapatkan manfaat kecantikan lainnya untuk wajah kita seperti mengencangkan kulit wajah, menghilangkan kantung mata, dan mengurangi produksi minyak di bagian wajah. Dengan memanfaatkan masker wajah menggunakan kencur kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli obat perawatan wajah yang cukup mahal harganya.

Demikian tadi beberapa manfaat kencur untuk kesehatan bayi dan kecantikan yang harus kita ketahui. Untuk itu tunggu apalagi, mulai sekarang kita bisa mencoba menggunakan kencur sebagai alternatif untuk kesehatan dan kecantikan kita.