Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Wajah dan Rambut

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Manfaat mengkudu untuk kesehatan wajah dan rambut - Sebenarnya sudah banyak sekali yang mengetahui bahwa buah mengkudu mengandung banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Namun, masih banyak diantara kita juga yang belum mengetahui manfaat dan khasiat apa saja yang ada pada mengkudu ini. Berikut ini beberapa manfaat mengkudu untuk kesehatan yang harus kita ketahui.

Mengkudu adalah buah yang memiliki ukuran sama dengan buah mangga dengan warna kuning dan rasanya yang pahit serta memiliki bau yang khas sekali. Selain itu ada seperti bintik-bintik hitam yang mengelilingi mengkudu dan ukuran pohonnya pun tidak begitu tinggi.

Manfaat mengkudu untuk kesehatan sebenarnya sudah digunakan oleh orang-orang Polinesia sejak 2.000 tahun yang lalu sebagai salah satu obat tradisional untuk kesehatan. Manfaat mengkudu ini bisa digunakan untuk mengobati sembelit, infeksi, nyeri, dam radang sendi. Kebanyakan seseorang mengkonsumsi mengkudu dengan cara dijadikan minuman jus dengan begitu mengkudu akan berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu

Sebagian orang sudah meyakini bahwa buah mengkudu dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat mengkudu untuk kesehatan yang harus kita ketahui.

Mencegah Kanker

Manfaat mengkudu yang pertama yang harus kita ketahui adalah dapat mencegah kanker. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi yang dimiliki oleh mengkudu maka mengkudu dapat berperan untuk mencegah resiko kanker menyerang tubuh. Selain itu juga, dengan memanfaatkan mengkudu maka dapat merangsang sel-sel kekebalan tubuh lainnya dan bersifat untuk melawan penyakit tumor.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol, Diabetes, Kanker, dan Paru-Paru serta Efek Sampingnya

Mendukung Kesehatan Jantung

Mengkudu yang dikonsumsi secara rutin dalam bentuk minuman jus dapat mendukung kesehatan jantung kita. Mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan juga mengurangi peradangan yang ada. Kolesterol yang berlebihan diketahui merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung dan peradangan yang dapat membahayakan apabila dibiarkan.

Dalam salah satu studi yang telah membuktikan bahwa dengan meminum 6.8 ons jus mengkudu dalam satu hari selama satu bulan dapat mengurangi kolesterol secara total, yaitu kadar kolesterol (LDL) yang buruk. Namun, penelitian ini masih terfokus kan kepada perokok berat sehingga belum bisa disimpulkan untuk keseluruhan orang. Oleh karena itu masih di perlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaatnya secara keseluruhan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengkudu sangat kaya akan kandungan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi. Kandungan tersebut merupakan kandungan yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Jadi apabila kita merasakan sedikit masalah dengan pencernaan kita maka kita bisa memanfaatkan mengkudu sebagai solusi pengobatannya.

Jus mengkudu dapat memberikan efek stimulasi yang senantiasa menjaga kesehatan pencernaan kita dari masalah pencernaan yang dapat menyerang tubuh kita.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat selanjutnya dari mengkudu adalah mampu meningkatkan kesehatan otak kita. Mengkudu memiliki kandungan terapeutik pada neurodegenerasi sehingga kandungan antioksidan pada mengkudu mampu untuk melawan stres dan kecemasan yang bisa berakibat pada depresi.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflasi. Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Buah mengkudu juga kaya akan kandungan asam lemak esensial yang berfungsi meningkatkan membran sel sehingga kesehatan kulit kita akan semakin meningkat.

Senyawa yang  dimiliki mengkudu yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah senyawa proxeronine, yang dapat membantu proses reproduksi senyawa lainnya yang disebut xeronine. Xeronine berperan untuk menjaga sel-sel dalam tubuh agar tetap sehat serta mengembalikan fungsi sel-sel tubuh yang rusak.

Cara penggunaannya cukuplah mudah cukup dengan mengoleskan mengkudu yang sudah dihaluskan kebagian wajah kita lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Memanfaatkan mengkudu dengan cara ini juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh The Scientific World Journal edisi 2012 menunjukkan bahwasanya meminum jus mengkudu sebanyak 28 hingga 188 mililiter dapat menurunkan kolesterol secara signifikan dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, serta membentuk kolesterol baik.

Baca juga: Manfaat dan Khasiat serta Kegunaan Air Rebusan atau Rendaman Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Mengurangi Rasa Sakit Pada Penderita Artritis

Sudah sejak lama memang mengkudu di kenal sebagai obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit. Bahkan sudah banyak sekali penelitian yang membenarkan tentang manfaat dari mengkudu ini. Contoh dari hasil penelitian dalam satu bulan seseorang yang menderita artritis degeneratif pada tulang belakang lalu mengkonsumsi 15 ml jus mengkudu banyak dua kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri yang ada sebanyak 60%.

Dari hasil penelitian tersebut maka dapat lebih meyakinkan kita bahwa mengkudu dapat dijadikan obat alami guna untuk mengurangi peradangan dan menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh kita.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkudu diyakini memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Fakta yang ada penduduk Kepulauan Pasifik meyakini bahwa dengan memakan mengkudu maka akan menambah stamina dan daya tahan tubuh terlebih saat berlayar.

Kandungan antioksidan yang dimiliki mengkudu yang berperan sebagai peningkatan daya tahan tubuh kita dari kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

Melembapkan Kulit

Mengkudu bisa dijadikan bahan pelembap kulit yang alami. Mengkudu dapat memperbaiki sel kulit yang mati sehingga berfungsi seperti keadaan semula.

Mencegah Penuaan

Mengkudu mengandung vitamin C dan selenium yang berfungsi melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit, dan mencegah penuaan.

Mengobati Iritasi Kulit Kepala

Seorang Dermatolog yang bernama Dr Reema Arora, yang berbasis di Dehli mengatakan, meski belum banyak literatur medis tentang jus noni atau mengkudu namun, kami meyakini mengkudu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mengkudu memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mengobati iritasi kulit kepala.

Mengurangi Stres

Dengan memanfaatkan mengkudu maka stres yang kita alami akan berkurang terutama stres pada fungsi kognitif. Namun , perlu diperhatikan jika hanya mengandalkan meminum jus mengkudu saja maka hasilnya akan kurang optimal. Kita tetap dianjurkan untuk olahraga secara teratur guna menunjang perubahan yang signifikan.

Mengobati Demam

Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwasanya mengkudu memiliki kandungan anti virus yang mampu mengobati demam, batuk, dan nyeri. Sehingga sangat penting sekali mengkonsumsi jus mengkudu agar demam yang kita alami dapat terobati.

Baca juga: Daun Pepaya Untuk Obati Penyakit Demam Berdarah

Manfaat Daun Mengkudu

Tidak hanya buahnya saja, ternyata daun mengkudu juga memiliki manfaat yang bisa kita gunakan sebagai obat tradisional yang alami.

Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh nadi. Apabila dibiarkan begitu saja maka akan memicu terjadinya penyakit jantung, stroke, dan penyakit arteri lainnya. Untuk mencegah hal tersebut kita bisa memanfaatkan daun mengkudu sebagai pengobatannya. Daun mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh nadi.

Mengusir Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah di bagian wajah yang bisa  menyerang siapa saja. Penyebab terjadinya jerawat karena produksi minyak yang berlebihan di bagian wajah. Dengan mengkonsumsi rebusan air daun mengkudu maka akan menjaga wajah kita agar tetap lembab dan menghilangkan minyak di bagian wajah. Selain itu kita juga bisa menggunakan daun mengkudu sebagai masker wajah dengan cara dihaluskan terlebih dahulu.

Mengatasi Peradangan

Jika kita mengalami peradangan yang tidak kunjung membaik, maka daun mengkudu bisa kita jadikan solusinya. Kandungan antiinflasi yang dimilikinya dapat mencegah bakteri dan virus yang mengakibatkan peradangan terjadi sehingga peradangan yang kita alami akan lekas membaik.

Menyehatkan Kulit

Daun mengkudu diyakini mampu menjaga kelembapan kulit dan menyehatkannya, terutama pada bagian wajah. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan daun mengkudu secukupnya kedalam terh secara rutin dikonsumsi maka kulit wajah akan terjaga kelembapannya dan dapat terhindar dari penuaan dini.

Baca juga: Manfaat Kencur untuk Kesehatan Bayi dan Kecantikan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Rambut

Manfaat buah mengkudu untuk rambut adalah salah satu manfaat yang bisa kita coba. Mengkudu dapat membantu menghilangkan ketombe dan juga menghitamkan rambut kita. Ada banyak sekali cara meramu buah mengkudu untuk mendapatkan manfaatnya.

Pertama buah mengkudu dicampurkan dengan telur kuning bebek. Lalu haluskan buah mengkudu yang sudah dimasak, kemudian campur kan dengan kuning telur bebek. Setelah diaduk sampai merata oleskan ramuan tersebut di rambut kita diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Perlu diingat apabila kamu alergi dengan kuning telur sebaiknya jangan menggunakan ramuan ini.

Cara lainnya adalah dengan meramut buah mengkudu yang matang peras lalu ambil airnya. Setelah dirasa cukup oleskan perasan air tersebut ke rambut kita diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Demikian tadi manfaat mengkudu untuk kesehatan wajah dan rambut serta manfaat lainnya yang bisa kita coba.