Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Batuk Pilek Alami untuk Bayi, Anak, dan Dewasa

Batuk dan pilek

Obattradisional.Net-- Batuk merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, dan juga orang dewasa. Penyakit batuk sendiri merupakan jenis penyakit yang gampang sekali terjadi namun juga mudah untuk di sembuhkan. Sebuah bahan alami untuk obat batuk pilek alami untuk bayi, anak, dan dewasa bisa kita coba dan terbukti ampuh.

Batuk merupakan salah satu kejadian alami tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan kita dari dahak maupun hal-hal yang memicu terjadinya iritasi lainnya. Namun, walaupun menjadi salah satu hal yang bermanfaat untuk melindungi tubuh kita jika tidak kunjung sembuh maka batuk bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan.


Batuk biasanya akan terasa sangat mengganggu sekali terlebih jika di waktu malam hari. Terutama saat posisi sedang berbaring. Mengutip dari Women's Health, batuk jenis kering maupun berdahak, biasanya terjadi dikarenakan oleh infeksi virus atau bakteri, alergi, asam lambung naik, dan juga asma.

Berikut ini beberapa obat alami yang ampuh untuk meredakan batuk:

1. Teh Herbal Madu Hangat

Berdasarkan sebuah penelitian, madu merupakan obat alami yang ampuh untuk meredakan batuk untuk anak-anak. Melansir dari Medical News Today, sebuah studi yang membandingkan anak-anak yang sedang batuk diberi madu dan obat batuk jenis dextromethorphan.

Dari hasil penelitian tersebut ternyata madu lebih memberikan efek kelegaan pada batuk yang di alami anak-anak dari pada dextromethorphan. Cara meminumnya untuk dijadikan obat tidaklah sulit yaitu, cukup campur kan dua sendok madu kedalam air hangat atau di campur kan dengan teh herbal.

Minumlah ramuan tersebut satu hari sekali atau dua kali untuk meredakan batuk. Perlu diperhatikan tidak boleh memberikan madu untuk bayi karena rentan akan terkena alergi.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis obat alami untuk batuk kering. Jahe yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini ternyata memiliki kandungan anti peradang yang sangat bermanfaat untuk mengobati batuk.

Dari sebuah hasil studi menyimpulkan bahwasanya, senyawa anti peradang yang dimiliki jahe  bisa melemaskan membran di saluran udara, Sehingga, menjadikan intensitas batuk akan berkurang.


Cara menggunakan jahe untuk obat batuk yaitu dengan cara menyiapkan 20-40 gram irisan jahe, lalu seduh ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum di minum. Untuk meningkatkan khasiat nya tambahkan sedikit madu atau perasan air lemon.

Namun perlu di ketahui untuk seseorang yang memiliki masalah lambung jika meminum ramuan ini maka akan mengalami sakit perut saat meminum air jahe sebagai obat alami batuk.

3. Banyak Minum Air

Menjaga kecukupan cairan dalam tubuh merupakan hal yang harus diperhatikan bagi seseorang yang sedang mengalami batuk dan pilek. Sebuah studi menunjukan bahwasanya air merupakan salah satu obat alami untuk meredakan batuk, pilek, dan bersin. Jika batuk disertai dengan flu, maka perbanyak meminum air hangat.


Namun, jika batuk yang di alami di sertai dengan radang tenggorokan, hindari meminum air yang terlalu panas.

4. Kumur Larutan Air Garam

Larutan air garam merupakan salah satu jenis obat batuk alami untuk batuk berdahak karena bisa mengurangi lendir yang menempel di bagian tenggorokan. Untuk membuat ramuan ini cukup larut kan setengah sendok teh garam kedalam air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

Agar larutan air garam menimbulkan efek yang maksimal sebaiknya gunakan larutan ini beberapa kali di dalam satu hari sampai kondisi batuk benar benar membaik. Hindari memberikan larutan kepada anak-anak yang belum bisa berkumur dengan baik.

5. Nanas

Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang sangat berguna untuk obat batuk herbal. bromelain adalah enzim yang paling banyak ditemukan pada bagian tengah buah nanas. Bromelain memiliki kandungan anti peradang serta dapat memecah lendir dan juga mengeluarkan lendir dari dalam tubuh.

Untuk memanfaatkan nanas sebagai obat batuk alami, yaitu dengan cara memakan atau membuat jus nanas sampai pada bagian tengah nanas atau inti dari buah nanas tersebut. Hal yang perlu di perhatikan ketika mengkonsumsi nanas maka tidak boleh dibarengi dengan mengkonsumsi obat pengencer darah dan antibiotik tertentu karena akan menimbulkan efek samping.

6. Thyme

Thyme merupakan jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ternyata bermanfaat sebagai obat alami batuk. kandungan antioksidan yang ada pada thyme diyakini mampu meredakan batuk, terutama jenis bronkitis.

Untuk memanfaatkan thyme untuk obat batuk yaitu dengan cara siapkan dua sendok teh thyme kering dan secangkir air panas. Diamkan sampai 10 menit kemudian saring airnya lalu minum beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang mampu memberikan sederet manfaat bagi kesehatan, salah satunya mengatasi batuk. Dikutip dari Healthline, probiotik bisa digunakan sebagai obat alami karena mampu menjadi menyeimbangkan flora pencernaan. Keseimbangan flora di dalam tubuh dapat meningkatkan sistem daya tahan di dalam tubuh. Hasil studi juga menunjukan probiotik lactobacillus dapat mengurangi reaksi alergi seperti batuk dan pilek.

Beberapa jenis probiotik lactobacillus yang harus kita ketahui diantaranya adalah yoghurt, sup miso, dan roti dengan ragi sourdough.

8. Peppermint

Daun peppermint merupakan daun yang dikenal memiliki khasiat sebagai obat batuk herbal atau obat batuk alami. Kandungan menthol  dalam daun peppermint dapat menghadirkan ketenangan pada tenggorokan serta mampu memecah lendir. Kita bisa menggunakan daun peppermint sebagai minuman teh atau menghirup uap esensial nya untuk mendapatkan manfaatnya. Jika batuk yang kita alami tidak kunjung mereda selama tiga minggu sebaiknya konsultasi kan dengan dokter.

Demikian tadi beberapa jenis obat batuk pilek alami untuk bayi, anak, dan dewasa yang bisa kita coba di rumah. Kita tidak belu repot-repot beli obat-obatan yang mengandung kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh karena efek sampingnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Obat Batuk alami yang Terbukti Ampuh"