Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Obat Tradisional Batu Ginjal tanpa efek Samping yang Ampuh

5 Obat Tradisional Batu Ginjal tanpa efek Samping yang Ampuh -  Batu ginjal merupakan penyakit yang membentuk batu akibat dari endapan mineral yang disebabkan dari beberapa faktor. Sebenarnya ada banyak sekali obat penyakit batu ginjal yang dapat kita manfaatkan, termasuk 5 obat tradisional batu ginjal tanpa efek samping yang ampuh ini.

Obat tradisional dan alami batu ginjal yang mudah di temukan

Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan obat tradisional dan alami rumahan untuk mengobati batu ginjal, sebaiknya jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal tersebut perlu menjadi perhatian penting terlebih untuk seseorang yang memiliki penyakit lainnya atau sedang mengkonsumsi obat-obatan lain.

Walau obat tradisional batu ginjal tanpa efek samping yang ampuh dapat meringankan gejala batu ginjal yang kita alami, akan tetapi obat yang dianjurkan oleh dokter tetaplah utama. Berikut ini beberapa jenis obat tradisional batu ginjal tanpa efek samping yang ampuh yang bisa kita coba di rumah.

1. Minum Air Putih

Air putih obat ginjal

Minum air putih adalah cara mengobati batu ginjal alami yang paling di rekomendasi kan. Dengan rutin meminum air putih maka akan memperbaiki kinerja ginjal dan mencegah penumpukan mineral yang menyebabkan batu ginjal terjadi.

Namun, minum air putih tidak lah semata langsung menyembuhkan kita dari batu ginjal. Akan tetapi dengan meminum air putih akan membantu mengurangi pembentukan batu ginjal di dalam tubuh. Dengan demikian proses pembentukan batu ginjal yang terjadi akan hancur dan keluar dari dalam tubuh.

Proses ini sangatlah manjur terhadap batu ginjal yang berukuran kecil. Akan tetapi tetap harus dibarengi dengan meminum obat dari dokter. Dengan begitu, batu ginjal akan hancur dalam kurun waktu 2-3 minggu kedepan.

Baca juga: 10 Manfaat Rebusan Air Serai dan Jahe, Lancarkan Pencernaan serta Mencegah Kanker

2. Air Lemon

Air lemon obat ginjal


Selain air putih, ternyata air lemon juga dapat bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal yang terjadi. Kita bisa menambahkan irisan lemon kedalam air minum kita untuk mendapatkan khasiat nya dalam mengatasi batu ginjal.

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon yang Harus Kita Ketahui, Serta Cara Mengolahnya

Dikutip dari Harvard Health Publising, lemon memiliki kandungan sitrat yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal. Kandungan sitrat juga dapat membantu memecah batu ginjal yang berukuran kecil sehingga memudahkan nya keluar melalui saluran air kencing.

Dalam sebuah penelitian lainnya menunjukkan bahwasanya, meminum 120 mililiter air lemon dalam satu hari yang di campur kan kedalam air mampu memperlancar sitrat urine. hal tersebut yang menjadikan lemon sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala batu ginjal kita.

3. Cuka Apel

Kita mungkin pernah mendengar ada beberapa orang yang merekomendasikan cuka apel sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi batu ginjal. hal tersebut tidak lah salah mengingat cuka apel memiliki kandungan asam asesat yang diyakini mampu memecah dan menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil.

Selain itu juga apel yang telah difermentasi lalu diambil sari nya dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi akibat batu ginjal. Manfaat dari sari cuka apel ini pun sudah dibuktikan berdasarkan penelitian oleh BJU International.

Dari hasil penelitian tersebut membuktikan manfaat fermentasi sari cuka apel untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Akan tetapi penggunaan cuka apel untuk mengatasi batu ginjal ini masih tetap harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Karena apabila terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel maka tubuh akan mudah kehilangan kalium.

4. Jus Seledri

Seledri obat ginjal


Jus seledri adalah alternatif obat alami berikutnya yang diyakini mampu memecah batu ginjal. Sama dengan sayuran lainnya seledri mengandung vitamin A, vitamin C, Kalium, dan antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan yang dimiliki seledri dapat membatu memperlancar produksi urine sehingga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Baca juga: 4 Tanaman Herbal Ini, Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah Anda

5. Jus Buah Delima

Buah delima obat batu ginjal


Sudah sejak dahulu buah delima diyakini mampu menjadi obat alami untuk mengembalikan fungsi ginjal secara keseluruhan.Bahkan buah delima yang terkenal dengan rasa asamnya ini mampu menghancurkan dan membersihkan batu ginjal dan racun yang ada di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan pada buah delima mampu menjaga kesehatan ginjal dan juga mencegah terbentuknya batu ginjal. Rutin mengkonsumsi buah delima dapat mengurangi keasaman pada urine yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di kemudian hari.

Akan tetapi efek negatif dari mengkonsumsi buah delima terlalu sering tetap masih harus dipelajari lagi, pasalnya para peneliti hanya masih menjelaskan manfaat dari buah delima untuk ginjal belum terfokus kan pada resiko nya.

Cara lain yang dapat membantu mengatasi batu ginjal

Deretan obat alami batu ginjal di atas hanya bersifat untuk mempercepat proses pemulihan saja. bagi seseorang yang mengalami batu ginjal tetap dianjurkan untuk meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter untuk proses penghacuran batu ginjal.

Untuk mendukung agar tetap sehat ketika sedang menjalani proses penyembuhan batu ginjal ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Hindari minuman yang berkafein dan bersoda

Salah satu pendukung obat batu ginjal agar dapat maksimal adalah dengan menghindari minuman berkafein dan bersoda. Karena minuman kafein dan bersoda justru dapat menjadikan penderita batu ginjal akan semakin parah.

hal tersebut dapat terjadi dikarenakan kafein dapat meningkatkan jumlah kalsium yang dapat membentuk batu ginjal. Sedangkan minuman soda juga dapat menjadikan pembentukan batu ginjal karena kandungan pemanis yang dimilikinya.

2. Hindari makanan tinggi oksalat

jenis makanan yang tinggi oksalat antara lain yaitu bayam, almond, dan bit yang beresiko sebagai hal yang memacu pertumbuhan batu ginjal. Makanan tersebut merupakan makanan yang tinggi oksalat yang apabila di konsumsi akan meningkatkan kalsium yang membentuk batu.

3. Batasi makanan tinggi protein hewani

Protein merupakan salah satu makanan yang merupakan sumber energi. Akan tetapi makanan tersebut tidak berlaku bagi penderita batu ginjal. Oleh karena itu jika sedang dalam proses pemulihan batu ginjal seseorang dianjurkan untuk membatasi mengkonsumsi makanan yang tinggi protein hewani.